Link Youtube:

https://youtu.be/8t5sk4Wo9_I

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

DALAM JARINGAN

Sekolah                : SMA Negeri 1 padang

Mata Pelajaran     : Kimia

Kelas/ Semester   : X MIPA/ 2

Materi Pokok        : Persamaan Reaksi KImia

Alokasi Waktu      : 2 x 30 menit

 

A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah membaca literature, siswa dapat menyetarakan persamaan reaksi kimia yang belum setara dengan tepat

 

B.   Sumber Belajar

Sudarmi, Unggul. 2016. Kimia untuk SMA/ MA Kelas X. Kelompok Peminatan. Surakarta: Penerbit Erlangga

 

C.   Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegatan

Pendahuluan

·         Guru memulai dengan kegiatan rutin membuka kelas (salam dan berdo”a

·         Kemudian guru meminta siswa untuk identfikasi perasaan saat itu/

Anak-anak, bagaimana perasaanmu saat ini? Apakah senang,  sedih jengkel atau sedang memikirkan sesuatu?

Yang sedang senang, tepuk tangan tiga kali

Yang sedang bersedih, angkat tangan dan arahkan jempol ke bawah

Yang sedang memikirkan sesuatu, rapatkan dua telapak tangan dan letakkan di bawah dagu

 

Guru mminta siswa untuk melakukan latihan berkesadaran penuh

“Anak anak, sekaramg mari kita pejamkan mata. Kemudian tarik nafas dalam-dalam dan lepaskan. Rasakan perut yang mengempis saat napas ditarik dan engembang saat nafas dilepaskan. Rasakan udara yang mengalir ke dalam darah dan mengalir ke seluruh tubuh sehingga meleaskan seluruh permasalahanmu. Saat hitngan ketiga, mata kamu dibuka dan rasakan tubuhmu dan pikiranmu lenih rileks dan sangat nyaman.

 

Guru mengajak siswa untuk memjamkan mata. Lalu nenarik nafas dalam dalam, kemudian melepaskannya

 

·         Gurm memberikan motivasi dengan cara mengajak siswa meonton video tentang manfaat mempelajari pokok bahasan inim yakni video perusahaan obat terbesar di Indonesia.

https://youtu.be/xTmLi2cjAJA

Kemudian guru menyampaikan tujuan pelajaran serta materi prasyarat yang diperlukan untuk menguasainya.

Kegiatan Inti

Siswa menonton video pembelajaran tentang cara menyetarakan persamana reaksi kimia. Bagi siswa yang  suka audio visual  disediakan video pembelajaran yang mereka sukai. Konten pembelajaran dalam video ini dibuat secara berjenjang sesuai dengan kesiapan mereka dalam memahami pelajaran.

a.    Bagi siswa yang belum bisa menentukan jumlah atom dalam molekul, disediakn video pembelajaran tentang cara menghitung jumlah atom dalam molekul.

b.   Bagi siswa yang belum bisa mengetahui mana persamaan reaksi yang sudah setara disediakan video pembelajaran tentang penyetaraan persamaan reaksi kimia sederhana.

c.    Bagi siswa yang sudah mengerti tentang persamaan reaksi kimia yang setara, diberikan video pembelajaran tentang menyetarakan persamaan reaksi kimia yang kompleks.

 

 

Bagi siswa yang suka membaca teks book, diberikan teks tentang cara menghitung jumlah atom dalam molekul, cara menyetarakan persamaan reaksi kimia sederhana dan kompleks sesuai dengan kesiapan mereka dalam memahami pelajaran.

 

Setealah kegiatan menonton video dan membaca literature, para siswa dibagi dalam kelompok yang dipilih secara acak untuk menyampaikan hasil pekerjaannya (lembar kerja, presentasi)  Kelompok lain diminta menanggapi.

(Latihan berkesadaran social dan memberikan empati)

 

 

Penutup

·         Guru  memberikan umpan balik kepada siswa

·         Siswa diminta memberikan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah dilaluinya hari itu

·         Guru menutup pelajaran sesuai prosedur rutin (salam, terima kasih, do”a, dsb.)

 

D.  MATERI PEMBELAJARAN

·         Menentukan jumlah atom dalam molekul

https://www.youtube.com/watch?v=2aQRlpODqPQ

 

·         Menyetarakan persamaan reaksi kimia

https://www.youtube.com/watch?v=u9Y1zsYrHYA

 

E.   Penilaian

Sikap                    : Observasi terhadap sikap komiten siswa dalam

                              meyerahkan tugas

Pengetahuan        :  Menunjukkan pengetahuan tentang cara    

                               menyetarakan persamaan reaksi kimia

 

Keterampilan        :  Mendemonstrasikan keterampilan dalam

                               menyetarakan persamaan reaksi kimia

 

 

 

 

 

Instrumen Penilaian Sikap

·         Strategi       : Observasi

·         Alat             : Catatan sikap

Nama Siswa

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Instrumen Penilaian Pengetahuan:

Setarakanlah persamaan reaksi kimia di bawah ini dengan tepat!

1.   C + H2 à CH4

2.   N2 + H2 à NH3

3.   S8  + O2 à SO2

4.   C + O2 à CO

5.   H2  +  Br2  à HBr

6.   KNO3  à KNO2  + O2

7.   P4O10 + H2O  à H3PO4

8.   NaHCO3  à  Na2CO3  + H2O  +  CO2

9.   Al  + H2SO4 à  Al2(SO4)3  +  H2

10.                CO2  +  KOH  à K2CO3  +  H2O

           KUNCI JAWABAN PENILAIAN PENGETAHUAN

          

SOAL

SKOR

11.        C + H2 à CH4

12.        N2 + H2 à NH3

13.        S8  + O2 à SO2

14.        C + O2 à CO

15.        H2  +  Br2  à HBr

16.        KNO3  à KNO2  + O2

17.        P4O10 + H2O  à H3PO4

18.        NaHCO3  à  Na2CO3  + H2O  +  CO2

19.        Al  + H2SO4 à  Al2(SO4)3  +  H2

20.        CO2  +  KOH  à K2CO3  +  H2O

 

10

10

10

10

10

10

10

10

10

10

Jumlah skor

100

 

Instrumen Penilaian Keterampilan:

No

Kriteria Penilaian

 

 

 

 

 

Menuliskan rumus kimia dengan tepat

3

 

Menghitung jumlah masing-masing atom di kiri dan kanan tanda panah reaksi

3

 

Menyetarakan persamaan reaksi dengan tepat

3

 

Jumlah maksimum skor tiap nomor soal

9

 

Jumlah skor maksimum semua soal

10 x 9 = 90

 

 

                  

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Padang,

 

 

 

Drs. Nukman, M.Si.

NIP. 19620112 198903 1 006

Padang, 25 Maret 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Ediruslan, S.Pd., M.Si.

NIP. 19720907 200501 1 003

                                                                                                                                                                                                                                                         

Comments

Popular posts from this blog

PERSAMAAN TERMOKIMIA

TEORI ATOM DALTON

TEORI BOHR TENTANG ATOM HIDROGEN