Link Youtube:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
DALAM JARINGAN
Sekolah : SMA Negeri 1 padang
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/ Semester : X MIPA/ 2
Materi Pokok : Persamaan Reaksi KImia
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca literature, siswa dapat menyetarakan persamaan reaksi kimia yang belum setara dengan tepat
B. Sumber Belajar
Sudarmi, Unggul. 2016. Kimia untuk SMA/ MA Kelas X. Kelompok Peminatan. Surakarta: Penerbit Erlangga
C. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi Kegatan |
Pendahuluan |
· Guru memulai dengan kegiatan rutin membuka kelas (salam dan berdo”a · Kemudian guru meminta siswa untuk identfikasi perasaan saat itu/ “Anak-anak, bagaimana perasaanmu saat ini? Apakah senang, sedih jengkel atau sedang memikirkan sesuatu? Yang sedang senang, tepuk tangan tiga kali Yang sedang bersedih, angkat tangan dan arahkan jempol ke bawah Yang sedang memikirkan sesuatu, rapatkan dua telapak tangan dan letakkan di bawah dagu
Guru mminta siswa untuk melakukan latihan berkesadaran penuh “Anak anak, sekaramg mari kita pejamkan mata. Kemudian tarik nafas dalam-dalam dan lepaskan. Rasakan perut yang mengempis saat napas ditarik dan engembang saat nafas dilepaskan. Rasakan udara yang mengalir ke dalam darah dan mengalir ke seluruh tubuh sehingga meleaskan seluruh permasalahanmu. Saat hitngan ketiga, mata kamu dibuka dan rasakan tubuhmu dan pikiranmu lenih rileks dan sangat nyaman.
Guru mengajak siswa untuk memjamkan mata. Lalu nenarik nafas dalam dalam, kemudian melepaskannya
· Gurm memberikan motivasi dengan cara mengajak siswa meonton video tentang manfaat mempelajari pokok bahasan inim yakni video perusahaan obat terbesar di Indonesia. Kemudian guru menyampaikan tujuan pelajaran serta materi prasyarat yang diperlukan untuk menguasainya. |
Kegiatan Inti |
Siswa menonton video pembelajaran tentang cara menyetarakan persamana reaksi kimia. Bagi siswa yang suka audio visual disediakan video pembelajaran yang mereka sukai. Konten pembelajaran dalam video ini dibuat secara berjenjang sesuai dengan kesiapan mereka dalam memahami pelajaran. a. Bagi siswa yang belum bisa menentukan jumlah atom dalam molekul, disediakn video pembelajaran tentang cara menghitung jumlah atom dalam molekul. b. Bagi siswa yang belum bisa mengetahui mana persamaan reaksi yang sudah setara disediakan video pembelajaran tentang penyetaraan persamaan reaksi kimia sederhana. c. Bagi siswa yang sudah mengerti tentang persamaan reaksi kimia yang setara, diberikan video pembelajaran tentang menyetarakan persamaan reaksi kimia yang kompleks.
Bagi siswa yang suka membaca teks book, diberikan teks tentang cara menghitung jumlah atom dalam molekul, cara menyetarakan persamaan reaksi kimia sederhana dan kompleks sesuai dengan kesiapan mereka dalam memahami pelajaran.
Setealah kegiatan menonton video dan membaca literature, para siswa dibagi dalam kelompok yang dipilih secara acak untuk menyampaikan hasil pekerjaannya (lembar kerja, presentasi) Kelompok lain diminta menanggapi. (Latihan berkesadaran social dan memberikan empati)
|
Penutup |
· Guru memberikan umpan balik kepada siswa · Siswa diminta memberikan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah dilaluinya hari itu · Guru menutup pelajaran sesuai prosedur rutin (salam, terima kasih, do”a, dsb.) |
D. MATERI PEMBELAJARAN
· Menentukan jumlah atom dalam molekul
https://www.youtube.com/watch?v=2aQRlpODqPQ
· Menyetarakan persamaan reaksi kimia
https://www.youtube.com/watch?v=u9Y1zsYrHYA
E. Penilaian
Sikap : Observasi terhadap sikap komiten siswa dalam
meyerahkan tugas
Pengetahuan : Menunjukkan pengetahuan tentang cara
menyetarakan persamaan reaksi kimia
Keterampilan : Mendemonstrasikan keterampilan dalam
menyetarakan persamaan reaksi kimia
Instrumen Penilaian Sikap
· Strategi : Observasi
· Alat : Catatan sikap
Nama Siswa |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Instrumen Penilaian Pengetahuan:
Setarakanlah persamaan reaksi kimia di bawah ini dengan tepat!
1. C + H2 à CH4
2. N2 + H2 à NH3
3. S8 + O2 à SO2
4. C + O2 à CO
5. H2 + Br2 à HBr
6. KNO3 à KNO2 + O2
7. P4O10 + H2O à H3PO4
8. NaHCO3 à Na2CO3 + H2O + CO2
9. Al + H2SO4 à Al2(SO4)3 + H2
10. CO2 + KOH à K2CO3 + H2O
KUNCI JAWABAN PENILAIAN PENGETAHUAN
SOAL |
SKOR |
11. C + H2 à CH4 12. N2 + H2 à NH3 13. S8 + O2 à SO2 14. C + O2 à CO 15. H2 + Br2 à HBr 16. KNO3 à KNO2 + O2 17. P4O10 + H2O à H3PO4 18. NaHCO3 à Na2CO3 + H2O + CO2 19. Al + H2SO4 à Al2(SO4)3 + H2 20. CO2 + KOH à K2CO3 + H2O
|
10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 |
Jumlah skor |
100 |
Instrumen Penilaian Keterampilan:
No |
Kriteria Penilaian |
|
|
|
|
|
Menuliskan rumus kimia dengan tepat |
3 |
|
Menghitung jumlah masing-masing atom di kiri dan kanan tanda panah reaksi |
3 |
|
Menyetarakan persamaan reaksi dengan tepat |
3 |
|
Jumlah maksimum skor tiap nomor soal |
9 |
|
Jumlah skor maksimum semua soal |
10 x 9 = 90 |
Mengetahui Kepala SMA Negeri 1 Padang,
Drs. Nukman, M.Si. NIP. 19620112 198903 1 006 |
Padang, 25 Maret 2021 Guru Mata Pelajaran
Ediruslan, S.Pd., M.Si. NIP. 19720907 200501 1 003 |
Comments
Post a Comment