TEORI BOHR TENTANG ATOM HIDROGEN

I. SPEKTRUM PANCAR

    Sejak abad ke-17, ketika Newton menunjukkan bahawa cahaya matahari terdiri dari berbagai macam komponen warna yang dapat digabungkan kembali menjadi sinar putih, para ilmuwan telah mempelajari tentang sifat spektrum pancar (emission spectra) yang dapat berupa spektrum kontiniu maupun spektrum garis dari radiasi yang dipanarkan oleh zat. Spektrum pancar zat dapat dihasilkan dengan cara memberikan energi pada sampel materi baik dengan energi termal, maupun dengan bentuk energi lainnya. Misalnya dengan loncatan listrik tegangan tinggi padazat yang berwujud gas. Batangan besi merah panas atau putih panas yang baru diambil dari tungku bersuhu tinggi berpendar dengan warna yang khas. Pendaran in adalah bagian dari spektrum pancar yang dapat diindera oleh mata kita. Panas yang dipancarkan batangan besi tadi menyatakan bahwa ada ada bagian lain dari spektrum pancar takni daerah inframerah. Sifat umum spektrum pancar dari matahari dan dari padatan yang dipanaskan adalah bersifat kontiniu, yakni semua rentang panjang gelombang cahaya ada dalam spektrum tersebut. Lihat daerah cahaya tampak pada Gambar 1


Gambar 1 (a). Jenis-jenis radiasi elektromagnetik. Sinar gamma memiliki panjang gelombang terpendek dan frekuensi tertinggi; gelombangradio memiliki panjang gelombang terpanjnag dan frekuensi terendah. setiap jenis radiasi tersebar di sekitar rentang panjang gelombang  dan frekuensi yang khas. (b). cahaya tampak dari panjang gelombang 4oo nm (ungu atau violet) sampai 700 nm (merah)

   Di sisi lain , spektrum pancar atom dalam fasa gas tidak menunjukkan spektrum panjang gelombang kontiniu yang merentang dari merah sampai violet, namun atom-atom hanya memancarkan panjang gelombang yang khas. Spektrum semacam ini disebut spektrum garis (line spectra) sebab radiasinya dicirikan dengan penampakan garis-garis terang dalam spektrumnya. Gambar 2 adalah diagram skematik yang menggambarkan tabung pelucutan yang digunakan untuk mempelajari spektrum pancar.

Gambar 2. (a). Susunan alat percobaan untuk mempelajari  spektrum pancar atom dan molekul. Gas yang dipelajari berada dalam tabung pelucutan  (discharge tube) yang mempunyai dua elektroda. Ketika elektron mengalir dari elektroda negatif ke elektroda positif, elektron-elektron itu akan bertumbukan dengan gas. Proses tumbukan ini secara bertahap akan menyebabkan pemancaran cahaya atau molekul. cahaya yang dipancarkan akan diuraikan menjadi komponen-komponennya oleh sebuah prisma. setiap komponen warna terfokus pada posisi tertentu sesuai dengan panjang gelombangnya dan membentuk garis berwarna (bayangan celah) pada plat foto. Bayangan berwarna ini disebut garis-garis spektrum. (b) Spektrum pancar garis atom hidrogen dalam daerah cahaya tampak.

Gambar 3 menunjukkan warna yang dipancarkan oleh atom hidrogen dalam tabung pelucutan.

Gambar 3.Warna yang dipancarkan oleh atom hidrogen dalam tabung pelucutan. Warna yang teramati dihasilkan dari penggabungan warna-warna  yang dipancarkan dalam spektrum cahaya tampak. 

Setiap unsur mempunyai spektrum pancar yang unik. Garis-garis khas dalam spektrum atom dapat digunakan dalam analisa kimia untuk mengidentifikasi atom-atom yang belum dikenali, serupa dengan sidik jari yang digunakan untuk mengidentifikasi seseorang. Bila garis spektrum pancar suatu sampel tepat sesuai dengan garis-garis spektrum pancar dari unsur yang diketahui, maka identias sampe dapat ditentukan dengan cepat. 

II. SPEKTRUM PANCAR ATOM HIDROGEN

    Ketika pertama kali Bohr menyampaikan gagasannya, para ahli telah mengetahui bahwa atom terdiri atas proton dan elektron. Mereka menganggap atom sebagai entitas dimana elektron mengelilingi intinya dalam orbit melingkar pada kecepatan tinggi. Model ini sangat menarik sebab serupa dengan gerak planet-planet mengelilingi matahari. Dalam atom hidrogen, gaya tarik elektrostatik antara proton (diibaratkan matahari) yang positif dan elektron (diibaratkan planet) yang negatif akan menarik eektron ke arah dalam. Namun gaya ini dapat diimbnagi secara tepat oleh percepatan yang disebabkan oleh gerak melingkar elektronnya. 

    Model atom Bohr menyertakan gagasan tentang gerakan elektron dalam orbit melingkar, namun ia memasukkan syarat yang ketat. Tiap elektron dalam atom hidrogen hanya dapat menempati orbit tertentu. Karena tiap orbit memiliki orbit tertentu, energi yang berkaitan dengan gerakan elektron pada orbit yang diizinkan harus mempunyai nilai yang konstan atau terkuantisasi.

    Pancaran radiasi dalam atom hidrogen berenergi dapat dihubungkan dengan jathnya elektron dari orbit berenergi tinggi ke orbit yang berenergi lebih rendah dan memberikan satu kuatum energi (foton) dalam bentuk cahaya. (Gambar 4).

Gambar 4. Proses pemancaran dalam atom hidrogenyang tereksitasi, menurut  (n = 3) jatuh kembali ke orbit berenergi ebih rendah (n = 2). Akibatnya, foton dengan energi hv dilepaskan. nilai hv sama dengan selisih energi kedua orbit yang ditempati oleh elektron tersebut dalam proses pemancaran. Untuk menyederhanakan, hanya tiga orbit yang digambarkan.

Dengan menggunakan argumen yang didasarkan interaksi elektrostatik dan hukum Newton tentang gerak, Bohr menunjukkan bahwa elektron dalam atom hidrogen dapat memilii energi yang diperoleh dari rumus

                                                               ................................................(1)

dimana RH adalah konstanta Rydberg, memiliki nilai 2,18 x 10-18 J

Lebih lanjut, silahkan tonton video pada link di bawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=FY_hoesHuxs

Kemudian jawab pertanyaan pada kolom komentar. Jangan lupa menuliskan nama,kelas dan sekolah, ya.

1. Apa isi teori atom Bohr?

2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!



Comments

  1. Nama:M Adryan Rusdiana
    Kelas:X Mia 2
    Absen:23
    SMAN 1 Padang
    1.Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi.
    2.spektrum transisi elektron dari kulit lebih luar (n=5,6,7…) menuju n=4. Atau bisa dijadikan n=3m=4, 5,6,8,9..... Deret ini terletak pada spektrum inframerah-1

    ReplyDelete
    Replies
    1. No 2 ralat pak
      2.spektrum transisi elektron dari kulit lebih luar (n=5,6,7…) menuju n=4. Atau bisa dijadikan n=4m= 5,6,8,9..... Deret ini terletak pada spektrum inframerah-1

      Delete
  2. Nama :Muhammad Raihan Zaki Widagdo
    Kelas : X Mipa2
    Sekolah : SMAN 1 PADANG

    JAWABAN:
    1) Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.
    Walaupun model atom Bohr cukup untuk memodelkan spektrum hidrogen, model ini terbukti tidak cukup untuk memprediksikan spektrum elemen yang lebih kompleks.

    2)Deret Brackett (m = 4)

    ReplyDelete
  3. Nama : Neysa almira dewi
    Kelas : X MIPA 2
    absen 30
    SMAN 1 padang


    JAWABANNYA
    1) Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi.
    2) deret bracket (m = 4)

    ReplyDelete
  4. Nama: Putri Aulia Hasanah
    Kelas : X MIPA 2
    Sekolah: SMAN 1 Padang
    1.Secara ringkas, Bohr mengemukakan:

    Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.
    2. n= 4m= 5,6,7,8,9,....dst
    Deret ini terletak pada spektrum inframerah-1

    ReplyDelete
  5. Nama=Muthia Lathifah Zain
    kelas=X Mipa 2
    sekolah=Sma negeri 1 Padang
    1.apa isi teori atom Bohr?
    jawab:
    Teori Rutherford di sempurnakan oleh Neils Bohr dengan teori..

    •suatu atom terdiri dari partikel (proton, neutron,dan elektron) dimana proton dan neutron terletak di inti atom,sedang kan elektron terletak di kulit atom.
    •Elektron mengelilingi inti atom pada tingkat-tingkatan energi(kulit) tertentu.
    •Elektron dapat berpindah dari tingkat energi satu ke tingkat energi lain.
    --Elektron dapat berpindah dari tingkat energi rendah ke tingkat energi tinggi dengan cara menyerap energi disebut Eksitasi
    --Elektron dapat berpindah dari tingkat energi tinggi ke tingkat energi rendah dengan cara pemancaran energi disebut Deeksitasi.

    2.Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    jawab:
    Deret Bracket ini berisu spektrum transisi elektron dari kulit lebih luar(n=5,6,7,.....) menuju n=4

    ReplyDelete
  6. Nama: alika fathiinah rianto
    Kelas: x mipa 2
    Sekolah: sman 1 padang


    elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan - lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain, perpindahan dari energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi.

    2.deret bracket : (n=5,6,7…) menuju n=4.

    ReplyDelete
  7. Nama : muthya zahra
    Kelas : x mipa 2
    Absen : 25
    Sekolah : SMAN 1 PADANG

    Jawaban:
    1. Isi teori atom bohr didasarkan atas pengamatannya terhadap sprektum atom. Berdasarkan hal itu Bohr menerangkan 4 postulat sebagai berikut: 1) elektron mengelilingi inti atom pada orbit tertentu. 2) selama berada pada lintasannya, energi elektron tetap sehingga tidak ada energi yang diserap dan dipancarkan. 3) elektron hanya dapat berpindah dari satu lintasan stasioner ke lintasan stasioner lainnya. 4) lintasan stationer elektron yang diperbolehkan memiliki momentum sudut kelipatan h/2phi ( phi : 3.14)

    2. Rumus:
    1/ λ = R ( 1/nA2   –   1/nB2 )
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10^7 m^−1)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  8. 1. teori bohr
    yaitu teori ttg atom yg menyatakan elektron mengelilingi ini atom pada tingkat energi tertentu. ia menggambarkan nny seperyi bentuk orbit layakny planet,. Tiap elektron dalam atom hidrogen hanya dapat menempati orbit tertentu. Karena tiap orbit memiliki orbit tertentu, energi yang berkaitan dengan gerakan elektron pada orbit yang diizinkan harus mempunyai nilai yang konstan atau terkuantisasi.sehingga menjadi seimbang

    2. gelombang terpanjang pada deret brackett adalah
    1/π = R (1/5^2 - 1/n^2 )
    dimana n =m+1
    maka yg terpanjang adalah 4052 nm

    ReplyDelete
  9. nama:fikra zuma rizki
    kelas :x mipa 2
    absen :
    14
    1.model atom bohr elektron mengorbit inti atom hanya dalam orbit tertentu.elektron memiliki energi tertentu pada setiap orbut tanpa meradiasiakan energi .energi diradiasikan hanya ketika elektron berpindah dari satu ke orbit lainnya yang lebih rendah yang dipancarkan dalam foton

    2.panjang gelombang max pada deret bracket :1458 nm

    ReplyDelete
  10. Nama:devrisa harsika rafi
    Kelas:x mipa 2
    Absen:10
    SMA N 1 Padang

    Jawaban:

    1.bohr menjelaskan model atom bohr melalui konsep elektron yg mengikuti orbit mengelilinginya inti atom yang mengandung proton dan neutron.intinya elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan lintasan tertentu,tidak memancarkan energi.
    2.pada deret bracket terjadi jika terjadi transisi elektronik dari n=~ke n=4.
    Intinya n ny = 4m=5,6, 7,8,9 dan seterusnya.

    ReplyDelete
  11. Nama : Atikah Khairunnisa Rafi Putri
    Kelas : X Mipa 2
    Sekolah : SMAN 1 PADANG

    1. Apa isi teori atom Bohr?
    Bohr mengemukakan: Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron. Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    Deret Bracket terjadi jika terjadi transisi elektron dari n=~ ke n=4
    Deret Bracket m=4

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum pak
    Nama : Halima Bratislava
    Kelas : X MIA 2
    Sekolah : SMA N 1 PADANG

    Jawaban :

    Jawaban:
    1. Isi teori atom bohr didasari pengamatannya terhadap sprektum atom.
    Berdasarkan hal itu Bohr menerangkan 4 postulat sebagai berikut:
    1) elektron mengelilingi inti atom pada orbit tertentu.
    2) selama berada pada lintasannya, energi elektron tetap sehingga tidak ada energi yang diserap dan dipancarkan.
    3) elektron hanya dapat berpindah dari satu lintasan stasioner ke lintasan stasioner lainnya.

    2. Rumus:
    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  13. nama : celina salsa sadilla
    kelas : x mia 2

    jawaban :
    1. elektron dalam atom mengelilingi inti atom pada lintasan tertentu yang stasioner yang di sebut orbit/ kulit.elektron dapat berpindah dari 1 lintasan ke lintasan lain

    kelemahan nya: tidak dapat menjelas kan spektrum atom yg lebih kompleks, hanya bisa menjelas kan spektrum atom hidrogen

    2. energi terbesar pada deret bracket terjadi ketika transisi elektron dari n= ~ ke n=4
    deret bracket m=4

    ReplyDelete
  14. Nama: Roffelino Andri
    Kelas : X MIPA 2
    Absen: 35
    Sekolah : SMAN 1 Padang

    Jawaban=
    1.Elektron dalam atom bergerak mengelilingi intinya pada lintasan2 tertentu, tdk memancarkan energy Lintasan2 elektron disebut kulit atau tingkat energy elektron
    Elektron dapat pindah dari satu lintasan ke lintasan yg lain
    Perpindahan elektron dari tingkat energy tinggi ke energy rendah disertai pemancaran energy sedangkan perpindahan elektron dari tingkat energy rendah ke energy tinggi disertai penyerapan energy
    elektron yg bergerak pada lintasannya ada pada keadaan stasioner berarti elektron tidak memancarkan atau menyerap energy.
    2.Deret Brackett (m = 4)

    ReplyDelete
  15. Nama : Hana Rafifah Arif
    Kelas : X MIA 2
    Absen : 16
    Sekolah : SMAN 1 PADANG

    Jawab:
    1)-Elektron suatu atom bergerak mengelilingi inti melalui lintasan-lintasan dengan tingkat energi tertentu.Makin jauh dari inti,makin tinggi tingkat energinya
    -selama bergerak mengelilingi inti,elektron tidak menyerap/memancarkan energi.
    2)Deret bracket(m=4)
    Deret bracket terjadi jika terjadi transisi elektron dari n=~ ke n=4

    ReplyDelete
  16. Nama: Nadia Gusti Mirandha
    Kelas: 10 MIA 2
    Sekolah: SMAN 1 Padang

    1) Elektron yang ada di dalam atom mengelilingi intinya dalam orbit melingkar dan tidak memancarkan energi. elektron dapat berpindah dari tingkat energi satu yang satu ke tingkat energi yang lainnya.

    2)Deret Bracket ini berisi spektrum transisi elektron dari kulit lebih luar (n=5,6,7…) menuju n=4.

    ReplyDelete
  17. nama : Rezky Yevandrest bantar
    kelas : xmipa 2
    SMAN 1 PADANG


    1. Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron. Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    2. Deret bracket, m=4

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum pak
    Nama:M.Rafi Hamda Putra
    Kelas:X Mipa 2
    Absen :20
    Sekolah:SMA N 1 Padang
    Jawaban
    1.Teori atom Bohr
    Model atom bohr menyerupai sistem tata surya,tetapi gaya grafitasinya digantikan oleh gaya elektrostanik
    Isinya:
    -elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan tertentu tidak memancarkan energi.Lintasan elektronitu disebut kulit atau tibgkat energi elektron
    -elektron daoat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yg lain
    -perpindahan elektron dari tingkat tinggi ke rendah disertai pemancaran energi
    -oerpindahan elektron dari tingkat rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    -elektron yang bergerak berada oada keadaan stasioner
    -tingkat energi lintasan elektron tsb merupakan kelioatan dari suatu bilangan bulat dari 1 sampai tak terhingga yang disebut bil kuantum
    -semakin jauh dari inti atom,eenrgi elektron semakin tinggi
    2. Panjang maksimum oada deret brackett
    Jawab
    N=4m=5,6,7,8,9...
    N1=4. N2=5
    1/lamda =R(1/n1^2-1/n2^2)
    1/lamda=1,097x10^7(1/10-1/25)
    1/lamda =1.097x10^7(9/400)
    Lamda=400/9x1,097x10^7
    Lamda=4052 nm

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum pak

    Nama : Mutiara Indah Lestari
    Kelas : X Mipa 2
    Sekolah : SMA Negeri 1 Padang

    1. Apa isi teori pada atom Bohr?
    Jawab:
    - Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.

    - Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.

    - Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.

    - Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.


    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    Jawab :
    Ditemukan oleh Bracket pada tahun 1922. Deret Bracket ini berisi spektrum transisi elektron dari kulit lebih luar (n=5,6,7…)

    panjang m = 4 (ketentuan deret bracket)
    Panjang gelombang untuk n = m + 1

    Maka, panjang gelombang maksimum pada deret bracket adalah 4052 nm

    Sekian jawaban dari saya
    Terimakasi pak

    ReplyDelete
  20. Nama : M. Luthfi Ghivary
    Kelas : X MIPA 2
    Absen : 19
    SMA N 1 Padang

    1) Percepatan spektrum gas hidrogen. Elektron terletak pada lintasan lintasan tertentu yang disebut dengan kulit. Elektron tidak terjatuh ke inti tapi hanya dapat pindah dari satu kulit ke kulit lainnya.

    kelemahan : hanya berlaku untuk atom yang sederhana seperti hidrogen.


    2) Energi terbesar pada derer bracket terjadi ketika transisi elektron dari n= ~n= 4
    deret bracket m= 4

    ReplyDelete
  21. Nama: Shahnaz Frian Callista
    Kelas: X MIPA 2
    Absen: 36
    SMAN 1 Padang

    1) 1.elektron beredar mengelilingi inti pada lintasan-lintasan (orbit) yg di sebut kulit elektron.
    2.elektron yg beredar pada lintasannya tidak memancarkan energi.
    3.apabila elektron dengan tingkat energi rendah pondah ke lintasan dengan tingkat energi lebih tinggi maka elektron akan menyerap energi,peristiwa ini disebut eksitasi

    2) (n=5,6,7…) menuju n=4 atau bisa juga ditulis dengan n=4m= 5,6,8,9...

    ReplyDelete
  22. Nama : Carissa Faiha Suherman
    Kelas : X MIPA 2
    Absen : 08
    SMA N 1 Padang

    1. Bohr mengemukakan elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.

    2. deret bracket terjadi jika transisi elektron dari n= ~ ke n=4
    deret bracket m=4

    ReplyDelete
  23. Nama:Aisyah Widya Pratiwi
    Kelas:X MIPA 2
    Sekolah:SMAN 1 PADANG

    1.Elektron berherak mengelilingi inti atom melewati lintasan atau orbit tertentu yang disebut kulit atom,dan tidak memancarkan energi.Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan lain.kelemahan teori ini adalah tidak dapat menjelaskan oengaruh medan magnet terhadap spektrum atom dan struktur atom berelektron banyak

    2.1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  24. Nama : M. Shadiqa A. Pohan
    Kelas : X Mipa 2
    Absen : 22

    1. Teori atom menurut Bohr adalah elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.

    2. Panjang gelombang maksimum pada deret bracket

    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)

    1/ λ =1, 097 × 10⁷ (1/4² 1/5²)

    Panjang gelombang maksimum deret bracket = 4052nm

    ReplyDelete
  25. Nama : Nivanda Nilam Sari
    Kelas : X MIPA 2
    Sekolah : SMA Negeri 1 Padang

    1.- Elektron mengorbit inti atom hanya dalam lintasan lingkaran tertentu.
    - Elektron memliki energi tertentu pada setiap orbit dan bergerak dalam orbit tanpa meradiasikan energi.
    - Energi diradiasikan hanya ketika electron berpindah dari satu orbit lainnya yang lebih rendah.
    - Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    - Momentum sudut electron dalam orbit harus memenuhi keadaan kuantum.
    - Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.
    - Walaupun model atom Bohr cukup untuk memodelkan spektrum hidrogen, model ini terbukti tidak cukup untuk memprediksikan spektrum elemen yang lebih kompleks.

    2. Panjang gelombang maksimum pada deret Bracket :
    Deret Bracket
    n1 = 4, n2 = 5,6,7,…
    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    λ = Panjang gelombang
    R = Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n1 = bilangan kuantum tinggi = 4
    n2 = bilangan kuantum rendah = 5
    1/ λ = (1,097 × 10⁷ m)(1/42 – 1/52)
    =4052 nm

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1/ λ =(1, 097 × 10⁷) (1/4² 1/5²)
      = 4052 nm

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Nama :Arya Rahmad Maulana
    Kelas. :X MIPA 2
    Absen :6
    SMA NEGERI 1 PADANG

    Jawaban:
    1.elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan lintasan tertentu, tidak memancarkan energi.elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain, perpindahan dari energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi.

    2.deret bracket ini berisi spektrum transisi elektron dari kulit lebih luar (n=5,6,7,8,....) menuju n=4.

    ReplyDelete
  28. Assalamualaikum pak ini tugas Tomy Gunawan Adinata no absen 39 kelas X MIPA 2 SMAN 1 PADANG
    1.Isi teori atom bohr yaitu gerakan elektron dalam orbit melingkar, Tiap elektron dalam atom hidrogen hanya dapat menempati orbit tertentu
    2.1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  29. Assalamualaikum pak
    Nama: Fattan Naufan Islami
    Kelas: X MIPA 2
    Absen: 13
    Sekolah: SMA Negeri 1 Padang

    1)Apa isi teori atom Bohr?
    1.Elektron dalam atom hidrogen berpuatar di sekitar inti di jalur melingkar tetap memiliki energi yang pasti atau disebut orbit.
    2.Energi elektron pada orbit tersebut ditentukan oleh jarak elektron terhadap inti atom, semakin jauh dari inti atom energi elektron semakin tinggi.
    3.Hanya pada orbit dengan tingkat energi tertentu itulah elektron dapat mengelilingi inti atau dengan kata lain tingkat energi terkwantisasi.
    4.Elektron dapat berpindah dari tingkat energi rendah ke tingkat energi yang lebih tinggi jika menyerap energinya yang cukup.
    5.Elektron dapat berpindah ke tingkat energi yang lebih tinggi ke tingkat energi yang lebih rendah dengan melepaskan energi tertentu.
    6.Tingkat energi lintasan elektron tersebut merupakan kelipatan dari suatu bilangan bulat dari 1 sampai dengan tak terhingga yang disebut bilangan kuantum.

    2)Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  30. assalamualaikum pak,
    Nama : Amelia Dhevaniza
    Kelas : X mipa 2
    Sekolah : SMAN 1 PADANG

    1) - elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan tertentu,dengan tidak memancarkan energi.
    - elektron dpt berpindah dari satu lintasan ke lintasan lain.
    - elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner,artinya elektron tidak memancarkan/menyerap energi.

    2) Deret Bracket (m = 4)dengan n = 5, 6, 7, ….
    deret bracket terjadi apabila transisi elektron dari n=~ ke n=4.

    sekian,terimakasih pak 🙏🏻

    ReplyDelete
  31. Nama :Muhammad jordy alfayed
    Kelas : X MIPA 2
    Sekolah : SMAN 1 PADANG

    1.Teori atom menurut Bohr adalah elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    a.elektron beredar mengelilingi inti pada lintasan-lintasan (orbit) yg di sebut kulit elektron.
    b.elektron yg beredar pada lintasannya tidak memancarkan energi.
    c.apabila elektron dengan tingkat energi rendah pondah ke lintasan dengan tingkat energi lebih tinggi maka elektron akan menyerap energi,peristiwa ini disebut eksitasi

    2. Deret bracket, m=4
    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  32. Nama : Nabil Hidayatullah
    Kelas : x mipa 2
    Absen : 27

    1 .Bohr mengemukakan elektron Dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan lintasan tertentu ,tidak memancarkan energi .Lintasan -lintasan elektron itu dinamakan kulit atau tingkat energi elektron .

    2.Deret brocket terjadi jika transisi elektron dari n =~ ke n = 4 deret bracket m= 4.

    ReplyDelete
  33. Nama:Nabila Maharani
    Kelas :X MIPA 2
    Absen:28
    1)Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    kelemahan nya: tidak dapat menjelas kan spektrum atom yg lebih kompleks, hanya bisa menjelas kan spektrum atom hidrogen
    *Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    *Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    *Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.
    2)1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm
    Maka, panjang gelombang maksimum pada deret bracket adalah 4052 nm

    ReplyDelete
  34. Nama:Sutan Faiz
    Kelas:X.mipa 2
    Absen:38
    Sekolah:Sma1Padanng

    1.)Menurut model atom bohr, elektron-elektron mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu yang disebut kulit elektron atau tingkat energi. Tingkat energi paling rendah adalah kulit elektron yang terletak paling dalam, semakin keluar semakin besar nomor kulitnya dan semakin tinggi tingkat energinya.

    2.)Panjang gelombang maksimum pada deret bracket

    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)

    1/ λ =1, 097 × 10⁷ (1/4² 1/5²)

    Panjang gelombang maksimum deret bracket = 4052nm

    ReplyDelete
  35. nama: Rizqia Aura Fiddyah
    kelas: x MIPA 2
    absen:34
    sekolah: SMAN 1 PADANG
    1) Teori atom bohr
    inti atom memiliki proton dan neutron. sedangkan elektron bergerak di sekeliling inti pada lintasan orbit atau biasa disebut kulit atom.
    Selama elektron mengelilingi inti, elektron tidak memancarkan energi
    2)Deret bracket(m=4)
    Deret bracket terjadi jika transisi elektron dari n=~ ke n=4

    ReplyDelete
  36. Nama:talitha casandra
    Kls:X mia 3
    No absen:37
    Sekolah: Sman 1 padang
    1).teori atom bohr
    Elektron" mengelilingi inti pada lintasan" tertentuyg disebut kulit elektron atau tingkat energipaling rendah adlh kulit elektron.selama elektron mengelilingi inti elekton tidak memancarkan energi semakin keluar semakin besar nomor kulitnya dan semakin tinggi tingkat energinya.
    2).deret bracket (m=4)
    Deret bracket terjadi jika transisi elektron dari n~ke n=4

    ReplyDelete
  37. Nama: Najla Shabrina Aulia
    Kelas: X MIPA 3
    Absen: 26
    Sekolah: SMA NEGERI 1 PADANG

    1) - elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan tertentu,dengan tidak memancarkan energi.
    - elektron dpt berpindah dari satu lintasan ke lintasan lain.
    - elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner,artinya elektron tidak memancarkan/menyerap energi.

    2) Deret Bracket (m = 4)dengan n = 5, 6, 7, ….
    deret bracket terjadi apabila transisi elektron dari n=~ ke n=4.

    Terima kasih pak🙏

    ReplyDelete
  38. RATUKHANSA SALSABILA
    X-MIPA 3
    ABSEN 33
    SMA NEGERI 1 PADANG

    1) Teori Atom Bohr
    Bohr mengemukakan: Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron. Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.

    2) Panjang Gelombang Maksimum pada Deret Bracket
    Deret Bracket ini berisi spektrum transisi elektron dari kulit lebih luar (n=5,6,7…)

    panjang m = 4 (ketentuan deret bracket)
    Panjang gelombang untuk n = m + 1

    Maka, panjang gelombang maksimum pada deret bracket adalah 4052 nm

    terimakasih pak...

    ReplyDelete
  39. NAMA:MUHAMMAD ZHEFA RAHMADAN
    KELAS:MIA X-3
    NO. ABSEN 24
    SMA NEGERI 1 PADANG
    1.Apa isi teori Atom Bohr?
    Teori Atom Bohr

    Niels Henrik David Bohr menyempurnakan teori atom sebelum – sebelumnya yang sudah ada, teori atom Bohr menjelaskan sebagai berikut :

    1. Atom tersusun dari inti atom yang bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif beredar mengelilingi inti atom

    2. Elektron yang beredar mengelilingi inti atom pada suatu lintasan yang stasioner disebut kulit. Elektron bergerak secara stasioner beredar mengelilingi inti atom dengan jarak tertentu.

    3. Elektron dapat berpindah dari satu kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lainnya. Jika berpindah dari kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lebih tinggi, maka elektron akan menyerap energi yang disebut eksitasi, contoh dari kulit K berpindah ke kulit L. Tetapi jika berpindah dari kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lebih rendah, maka elektron akan memancarkan energi yang disebut deeksitasi, contoh dari kulit M berpindah ke kulit L. Peristiwa eksitasi dan deeksitasi yang terjadi disebut transisi elektron.

     

    Ada pun kelebihan dan kekurangan dari teori Bohr, kelebihan teori Bohr adalah dapat menyempurnakan teori sebelumnya salah satunya teori atom Rutherford dan dapat menjelaskan garis spektrum atau serapan adsorpsi dari atom hidrogen. Selain itu juga dapat menjelaskan elektron yang beredar mengelilingi inti atom mempunyai lintasan dan energi. Jika ingin berpindah dari kulit yang lebih rendah ke lebih tinggi akan menyerap energi, sedangkan dari kulit lebih tinggi ke rendah akan melepaskan energi. Sedangkan kelemahan dari teori Bohr adalah hanya dapat menjelaskan garis spektrum atau serapan adsorpsi dari atom hidrogen tetapi untuk spektrum atom yang lebih kompleks/lebih besar/jumlah elektron lebih banyak Bohr tidak dapat menjelaskannya, ketika elektron mengelilingi inti atom dalam lintasan terbentu bentuk lintasan bukan lingkaran tetapi berbentuk elips, dan Bohr beranggapan elektron bukan hanya sebagai partikel tetapi sebagai partikel dan gelombang.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!

    Panjang maksimum oada deret brackett(m=4)
    Jawab
    N=4m=5,6,7,8,9...
    N1=4. N2=5
    1/lamda =R(1/n1^2-1/n2^2)
    1/lamda=1,097x10^7(1/10-1/25)
    1/lamda =1.097x10^7(9/400)
    Lamda=400/9x1,097x10^7
    Lamda=4052 nm

    Terimakasih pak 🙏🏻🙏🏻....







    ReplyDelete
  40. Nama=putri Ryvinasya Lidra
    kelas=X Mipa 3
    sekolah=Sma negeri 1 Padang
    1.apa isi teori atom Bohr?
    jawab:
    Teori Rutherford di sempurnakan oleh Neils Bohr dengan teori..

    •suatu atom terdiri dari partikel (proton, neutron,dan elektron) dimana proton dan neutron terletak di inti atom,sedang kan elektron terletak di kulit atom.
    •Elektron mengelilingi inti atom pada tingkat-tingkatan energi(kulit) tertentu.
    •Elektron dapat berpindah dari tingkat energi satu ke tingkat energi lain.
    •Elektron dapat berpindah dari tingkat energi rendah ke tingkat energi tinggi dengan cara menyerap energi disebut Eksitasi
    •Elektron dapat berpindah dari tingkat energi tinggi ke tingkat energi rendah dengan cara pemancaran energi disebut Deeksitasi.

    2.Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    jawab:
    Deret Bracket ini berisu spektrum transisi elektron dari kulit lebih luar(n=5,6,7,.....) menuju n=4
    Terimakasih pak 🙏

    ReplyDelete
  41. Nama : rizka fitra hayati
    Kelas : X mipa 3
    Absen :34
    1.apakah isi teori atom Bohr? Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti" pada lintasan tertentu, tidak memanxarkan energi. Lintasan" elektron itu dinamakan kulit atau energi elektron.tingkat energi paling rendah pada elekron terletak di bagian dalam, semakin luar semakin besar nomor kulitnya dan semakin tinggi tingkat energinya.
    2.tentukan panjang gelombang maksimum dari deret bracket?
    Deret bracket (m=4) dng m = 5,6,7.....
    Deret bracket terjadi apabila transisi elektron dari n =~ ,
    Ke n =4.
    Sekian terimakasih pak.

    ReplyDelete
  42. Nama : Najwa Febryla Adyta
    Kelas : X MIPA 3
    Absen : 27
    Sekolah : SMAN 1 Padang
    1) Apa isi teori atom Bohr?
    a. Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    b. Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    c. Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    d. Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.
    2) Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket
    Rumus:
    1/ λ = R ( 1/nA2 – 1/nB2 )
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10^7 m^−1)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. NAMA: MAHATHIR MUHAMMAD
    KELAS: X-MIPA3
    NO ABSEN: 20
    SEKOLAH: SMA NEGERI 1 PADANG

    1)Teori Atom Bohr
    Model atom Bohr menyerupai sistem tata surya, tetapi gaya gravitasinya digantikan oleh gaya elektrostatik. Penemuan sifat ganda radiasi elektromagnetik dan eksperimen yang menunjukan kuantisasi energi membantu Neil Bohr untuk memberikan model atomnya yang mampu mengatasi beberapa kelemahan model Ruherford.Teori atom Bohr telah berhasil menjelaskan terjadinya spektrum atom hidrogen dan atom-atom yang mempunyai elektron tunggal, tetapi gagal menjelaskan terjadinya spektrum dari atom yang berelektron banyak.

    2) Panjang Gelombang Maksimum pada Deret Bracket
    panjang m = 4 (ketentuan deret bracket)
    Panjang gelombang untuk n = m + 1
    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)

    1/ λ =1, 097 × 10⁷ (1/4² 1/5²)
    panjang gelombang maksimum pada deret bracket adalah 4052 nm

    ReplyDelete
  45. Assalamualaikum pak, ini jawaban dari :
    Nama : Amara Callista
    Kelas : X MIPA 3
    Absen : 03
    Jawaban :
    1) ▪Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. ▪Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    ▪Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    ▪Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.
    2). Deret bracket(m=4)
    Deret bracket terjadi jika transisi elektron dari n=~ ke n=4
    Panjang gelombang maksimum deret bracket = 4052nm

    ReplyDelete
  46. Nama: Dion Hibaturrahman
    Kelas: x mipa 3
    Sekolah: sman 1 padang
    Jawaban:
    1.*Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.*Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    2. deret bracket terjadi jika transisi elektron dari n= ~ ke n=4
    deret bracket m=4

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. NAMA : NAJLA NAURA FASYA
    KELAS : X MIPA 3
    ABSEN : 25
    SEKOLAH : SMAN 1 PADANG
    1. Apa isi teori atom Bohr?
    Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    Deret Bracket terjadi jika terjadi transisi elektron dari n=~ ke n=4
    Deret Bracket m=4

    ReplyDelete
  49. Nama : Tivella Zana Pracanda
    Kelas. : x mipa 3
    1.Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron
    2.1/ lamda= 1,097×10pngkt7(1/4pngkt2-1/5pngkt2)=4052

    ReplyDelete
  50. Nama: Adinda Aqilla Amalia
    Kelas:X MIPA 3
    Absen: 01
    Sekolah: SMA Negeri 1 Padang
    1. Teori atom bohr yaitu elektron - elektron mengelilingi inti pada lintasan - lintasan tertentu yang disebut dengan kulit elektron atau tingkat energi.
    Lintasan elektron yang terletak paling dekat dengan inti mempunyai energi paling rendah .semakin jauh lintasan elektron, semakin tinggi tingkat energinya
    Lintasan juga disebut kulit elektron, kulit yang paling dekat diberi lambang K , kulit kedua L , kulit ketiga M , dan lainnya.
    Tiap kulit dapat ditempati maksimum 2n² elektron (n=nomor kulit)
    2. Panjang gelombang maksimum pada deret bracket
    1/lamda = 1,097×10⁷(1/4² - 1/5²) =4052 nm

    ReplyDelete
  51. Nama = Az- Zahra Fatimah (absen 04)
    Sekolah = SMA N 1 Padang
    Kelas = X MIPA 3
    1. Apa isi teori atom Bohr?
    • elektron mengorbit inti atom hanya dalam lintasan tertentu
    • elektron memiliki energi tertentu pada setiap orbit dan bergerak dalam orbit tanpa meradiasikan energi
    • energi diradiasikan pada saat elektron berpindah ke orbit yg lbh rendah.
    • momentum sudut elektron dalam orbit harus memenuhi keadaan kuantum.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret bracket
    Deret bracket terjadi pada saat
    n1 = 4 , dan n2 = 5 , 6 ,7
    • Rumus:
    1/ λ = R ( 1/nA²   –   1/nB² )
    R= Ketetapan Rydberg = 1,097 × 10^7 m^−1
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  52. Nama : Muhammad Ridwan
    kelas : X MIA 3
    No.Absen : 21
    Sekolah : SMA N 1 PADANG

    1.Apa isi teori Atom Bohr?
    Teori Atom Bohr

    Niels Henrik David Bohr menyempurnakan teori atom sebelum – sebelumnya yang sudah ada, teori atom Bohr menjelaskan sebagai berikut :

    1. Atom tersusun dari inti atom yang bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif beredar mengelilingi inti atom
    2. Elektron yang beredar mengelilingi inti atom pada suatu lintasan yang stasioner disebut kulit. Elektron bergerak secara stasioner beredar mengelilingi inti atom dengan jarak tertentu.
    3. Elektron dapat berpindah dari satu kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lainnya. Jika berpindah dari kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lebih tinggi, maka elektron akan menyerap energi yang disebut eksitasi.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    Panjang maksimum oada deret brackett(m=4) 
    Jawab
    N=4m=5,6,7,8,9...
    N1=4. N2=5
    1/lamda =R(1/n1^2-1/n2^2)
    1/lamda=1,097x10^7(1/10-1/25)
    1/lamda =1.097x10^7(9/400)
    Lamda=400/9x1,097x10^7
    Lamda=4052 nm

    Terimakasih pak

    ReplyDelete
  53. Assalamualaikum pak,
    Nama: Luthfiani Afifah
    Kelas: X MIPA 3
    No. Absen: 19
    Sekolah: SMAN 1 Padang

    menurut saya jawaban dari pertanyaan diatas adalah
    1. Isi teori atom bohr adalah
    • Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi.
    • Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    • Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    • Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    • Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi

    2. Panjang gelombang maksimum pada deret Bracket adalah
    Deret bracket, m=4
    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm
    Sekian pak jawaban dari saya,terima kasih pak

    ReplyDelete
  54. Assalamualaikum pak,ini jawaban atas
    Nama:hafizhaharini arini
    No absen:13
    Kelas:10 MIPA 3
    Sekolah : Sman 1 Padang

    1.Teori atom menurut Bohr adalah elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    a.elektron beredar mengelilingi inti pada lintasan-lintasan (orbit) yg di sebut kulit elektron.
    b.elektron yg beredar pada lintasannya tidak memancarkan energi.
    c.apabila elektron dengan tingkat energi rendah pondah ke lintasan dengan tingkat energi lebih tinggi maka elektron akan menyerap energi,peristiwa ini disebut eksitasi

    2. Deret bracket, m=4
    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm

    1.Teori atom menurut Bohr adalah elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    a.elektron beredar mengelilingi inti pada lintasan-lintasan (orbit) yg di sebut kulit elektron.
    b.elektron yg beredar pada lintasannya tidak memancarkan energi.
    c.apabila elektron dengan tingkat energi rendah pondah ke lintasan dengan tingkat energi lebih tinggi maka elektron akan menyerap energi,peristiwa ini disebut eksitasi

    2. Deret bracket, m=4
    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  55. Nama:Rizky Ferdiansyah Hanif
    Kelas:X MIPA 3
    No absen:35
    Jawaban:
    1. -Elektron mengelilingi inti pada lintasan tertentu yg disebut
    sebagai kulit elektron
    -Elektron yg bergerak pada lintasannya berada pada keadaan
    stasioner yakni tidak memancarkan energi
    -Perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke yang
    tinggi disertai pemancaran energi,perpindahan elektron dari
    tingkat energi rendah ke yang tinggi disertai penyerapan
    energi
    -Perpindahan elektron ke lintasan yang lain akan disertai
    pemancaran energi
    2.Panjang gelombang maksimum pada deret bracket:
    N1=4 N2=5 R=1,097×10^7
    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)

    1/ λ =1, 097 × 10^7 (1/4² 1/5²)
    λ =4,052×10^-6
    λ max=4052 nm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koreksi sedikit pak
      1/ λ =1, 097 × 10^7 (1/4² - 1/5²)

      Delete

  56. Nama: Fathur Ramadhan Fahmi
    Sekolah: SMAN 1 Padang
    Kelas : X MIPA 3

    1. •Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    •Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain
    •Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    2.Panjang gelombang Maksimum:
    1/λ = 1097 ×10 ⁷ (1/4² 1/5²)
    λ= 4052 nm
    Sekian Jawaban dari saya pak,Terima kasih pak.

    ReplyDelete
  57. Nama : Harits Alfikri
    Kelas : X MIPA 3
    Absen : 14
    1. Apa isi teori atom bohr?
    Jawab:
    Isi teori atom bohr:
    ▪︎Elektron mengelilingi inti atom pada tingkat energi (kulit) tertentu, tidak memancarkan energi
    ▪︎Elektron dapat berpindah dari tingkat energi satu ke tingkat energi lain
    ▪︎Elektron yang bergerak pada lintasannya tidak memancarkan atau menyerap energi (berada pada keadaan stasioner)
    ▪︎Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi, sedangkam perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    Jawab:
    Deret Bracket ini berisi spektrum transisi elektron dari kulit lebih luar (n=5,6,7…)
    Panjang m = 4 (ketentuan deret bracket)
    1/π = R (1/5^2 - 1/n^2 )
    Dimana n=m+1
    Maka panjang gelombang maksimum pada deret Bracket adalah 4052 nm

    Terimakasih pak🙏🏻

    ReplyDelete
  58. Nama : Fayyadh Radhwa F
    Kelas : X - MIA 3
    Absen : 11

    1. Apa isi teori bohr ?

    - Isi teori bohr : Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron. Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!

    - deret breket = { 5,6,7, .....}

    - maka deret breket jika di transisi n = ~n = 4 maka , m =4

    - N=4m=5,6,7,8,9...
    N1=4. N2=5
    1/lamda =R(1/n1^2-1/n2^2)
    1/lamda=1,097x10^7(1/10-1/25)
    1/lamda =1.097x10^7(9/400)
    Lamda=400/9x1,097x10^7
    Lamda=4052 nm

    Terima kasih pak 🙏

    ReplyDelete
  59. Nama: Jovani Azzahra Putri
    Kelas: X MIPA 3
    Absen: 16
    Sekolah: SMA NEGERI 1 PADANG

    1)Apa isi teori atom Bohr?
    1.Elektron dalam atom hidrogen berpuatar di sekitar inti di jalur melingkar tetap memiliki
    energi yang pasti atau disebut orbit.
    2.Energi elektron pada orbit tersebut ditentukan oleh jarak elektron terhadap inti atom, semakin
    jauh dari inti atom energi elektron semakin tinggi.
    3.Hanya pada orbit dengan tingkat energi tertentu itulah elektron dapat mengelilingi inti atau
    dengan kata lain tingkat energi terkwantisasi.
    4.Elektron dapat berpindah dari tingkat energi rendah ke tingkat energi yang lebih tinggi jika
    menyerap energinya yang cukup.
    5.Elektron dapat berpindah ke tingkat energi yang lebih tinggi ke tingkat energi yang lebih
    rendah dengan melepaskan energi tertentu.
    6.Tingkat energi lintasan elektron tersebut merupakan kelipatan dari suatu bilangan bulat dari
    1 sampai dengan tak terhingga yang disebut bilangan kuantum.

    2.) Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    n1=4, n2=5,6,7....
    1/lamda= 1,097x10^7(1/5^2-1/6^2)
    1/lamda=1,097x10^7(11/900)
    1/lamda=134.077,77
    lamda=-134.077,77nm

    terima kasih banyak pak.




    ReplyDelete
  60. Nama: Putroe Azzurah Adrina
    Kelas : X MIPA 3
    No.absen:31
    Sekolah: SMAN 1 PADANG

    1) Percepatan spektrum gas hidrogen. Elektron terletak pada lintasan lintasan tertentu yang disebut dengan kulit. Elektron tidak terjatuh ke inti tapi hanya dapat pindah dari satu kulit ke kulit lainnya.

    kelemahan : hanya berlaku untuk atom yang sederhana seperti hidrogen.


    2) Energi terbesar pada derer bracket terjadi ketika transisi elektron dari n= ~n= 4
    deret bracket m= 4

    ReplyDelete
  61. Nama:Dara febiola johanska
    Kelas :X MIPA 3
    Sekolah:SMAN 1 PADANG

    1)apa isi teori atom borh
    •Elektron-elektron bergerak di dalamomenta yang terkuantisasi, dan dengan demikian energi yang terkuantisasi. Ini berarti tidak setiap orbit, melainkan hanya beberapa orbit spesifik yang dimungkinkan ada yang berada pada jarak yang spesifik dari inti.
    •Elektron-elektron tidak akan kehilangan energi secara perlahan-lahan sebagaimana mereka bergerak di dalam orbit, melainkan akan tetap stabil didalam sebuah orbit yang tidak meluruh

    2)Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket
    •Deret bracket(m=4)
    Deret bracket terjadi jika transisi elektron dari n=~ ke n=4

    Terima kasih pak

    ReplyDelete
  62. Assalamualaikum pak
    Nama : Cantika Aulia Putri
    Kelas : X MIPA 3
    Absen : 4
    SMA NEGERI 1 PADANG
    1) Apa isi teori atom bohr?
    jawaban:
    Secara ringkas, Bohr mengemukakan:
    •Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi.
    •Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    •Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    •Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi,sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    •Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.

    "Walaupun model atom Bohr cukup untuk memodelkan spektrum hidrogen, model ini terbukti tidak cukup untuk memprediksikan spektrum elemen yang lebih kompleks"

    2)Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret bracket!
    jawaban:
    Deret bracket terjadi jika transisi elektron dari
    n = ~ ke n = 4
    Deret bracket m = 4

    ReplyDelete
  63. Nama : Calista Ghenya
    Kelas : X MIPA 3
    Absen : 5

    1.Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.

    2. n1 = 4, n2 = 5,6,7,8, ...

    ReplyDelete
  64. Nama :utari clarisa
    Kelas :mipax3
    No absen:39
    Sman: 1padang

    1.elektron-elektron dalam bohr bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu,tidak memancarkan energi lintasan-lintasan elektron itu di sebut kulit/tingkat energi elektron
    -elektron dapat berpindah sari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    -perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah di sertai pemancaran energi.sedang perpindahahn dari tingkatan energi rendah ke tinggi di sertai penyerapan energi.
    - elektron bergerak pada lintasan berada keadaan stasioner , artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.
    2.deret bracket:
    dret bracket akan terjadi jika transisi elektron dari n=~ ke n=4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Muhammad Fadhlurrahman Farid
      Sekolah: SMAN 1 PADANG
      Kelas: X-Mipa 1
      Absen: 19

      1.Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
      Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
      Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
      Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.
      Energi diradiasikan ketika Ketika suatu elektron berpindah ke orbit lainnya.
      Momentum sudut elektron dalam orbit harus memenuhi keadaan kuantum.

      2.Deret Bracket
      Akan terjadi jika
      n1= 4 , n2 = 5, 6, 7, ….

      Delete
  65. Nama : Zahwa Fachreza
    Kelas : X MIA 1
    No absen : 39
    Asal sekolah : SMA N 1 Padang

    Jawaban :

    1) Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi.

    2) Deret bracket(m=4)
    Deret bracket terjadi jika transisi elektron dari n=~ ke n=4

    Terima kasih pak

    ReplyDelete
  66. Nama :Rafeyfa asyla
    kelas: XMIPA1

    1) Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi
    2) deret bracket (m = 4)

    ReplyDelete
  67. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  68. Assalamualaikum pak
    Ahmad Abiyyu Putra Wijaya
    Absen no. 1
    X MIPA 1

    1) Model atom Bohr menyertakan gagasan tentang gerakan elektron dalam orbit melingkar, namun ia memasukkan syarat yang ketat. Tiap elektron dalam atom hidrogen hanya dapat menempati orbit tertentu. Karena tiap orbit memiliki orbit tertentu, energi yang berkaitan dengan gerakan elektron pada orbit yang diizinkan harus mempunyai nilai yang konstan atau terkuantisasi.

    poin utama dari teori atom Bohr ini, antara lain :

    Elektron dalam atom hidrogen berpuatar di sekitar inti di jalur melingkar tetap memiliki energi yang pasti atau disebut orbit.
    Energi elektron pada orbit tersebut ditentukan oleh jarak elektron terhadap inti atom, semakin jauh dari inti atom energi elektron semakin tinggi.
    Hanya pada orbit dengan tingkat energi tertentu itulah elektron dapat mengelilingi inti atau dengan kata lain tingkat energi terkwantisasi.


    2)1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm

    Terimakasih pak

    ReplyDelete
  69. Nama : M. Fatih Alkarim
    Kelas : X MIA 1
    No. Absen : 20
    SMA N 1 Padang
    1) •Elektron dalam atom bergerak
    mengelilingi inti pada lintasan-
    lintasan tertentu, tidak
    memancarkan energi.
    •Lintasan-lintasan elektron itu disebut
    kulit atau tingkat energi elektron.
    •Elektron dapat berpindah dari satu
    lintasan ke lintasan yang lain.
    •Elektron bergerak pd lintasan berada
    keadaan stasioner.
    2) Deret bracket terjadi ketika transisi
    elektron dari n =~ ke n=4
    Derer bracket m = 4

    ReplyDelete
  70. Nama : Najla Hajarani
    Kelas : X MIPA 1
    Abesn : 26
    SMAN 1 PADANG

    1.Apa isi teori atom bohr?
    Bohr mengemukakan: Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron. Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.

    2.Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    (m=4)

    ReplyDelete
  71. Nama: Riffana Irdelia Putri
    Kelas: X MIPA 1
    No absen: 32
    Sekolah: SMA 1 PADANG

    1. Apa isi teori atom Bohr?
    Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.

    2.Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret bracket!
    Deret bracket terjadi jika transisi elektron dari
    n = ~ ke n = 4
    Deret bracket m = 4


    ReplyDelete
  72. Nama : Hasby Syaqhasdy
    Kelas : X MIA 1
    No. Absen : 20
    SMA N 1 Padang
    1) •Elektron dalam atom bergerak
    mengelilingi inti pada lintasan-
    lintasan tertentu, tidak
    memancarkan energi.
    •Lintasan-lintasan elektron itu disebut
    kulit atau tingkat energi elektron.
    •Elektron dapat berpindah dari satu
    lintasan ke lintasan yang lain.
    •Elektron bergerak pd lintasan berada
    keadaan stasioner.
    2) Deret bracket terjadi ketika transisi
    elektron dari n =~ ke n=4
    Derer bracket m = 4

    ReplyDelete
  73. Nama: Rifqi Aventa Rakahila
    Kelas: X MIPA 1
    No. Absen: 33
    SMAN 1 PADANG

    Jawaban:
    1. Elektron mengelilingi inti atom pada orbit tertentu, hanya terdapat orbit dalam jumlah tertentu dan perbedaan antar orbit satu dengan yang lain adalah jarak orbit dari inti atom dan Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain. Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi. Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!

    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan Luar
    λ= Panjang Gelombang

    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    1/λ = 1,097 × 10⁷(¼² - ⅕²)
    λ Max. : 4052 nm

    ReplyDelete
  74. Nama:Rafif Reinhart Al Aflah
    Kelas:X MIPA 1
    No Absen:29

    1.isi teori atom bohr
    -Atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif
    -elektron dapat berpindah dari lintasan dalam ke luar,dengan menyerap energi dan sebaliknya

    2.Panjang gelombang maksimum pada deret Bracket
    Perpindahan elektron dari n=5,6,7,... Ke n=4 merupakan deret Bracket

    ReplyDelete
  75. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh pak
    Nama : Meysha Khalisa Humaira
    Kelas : X MIPA 1
    No Absen : 15

    1. Apa isi teori atom Bohr?
    Jawab :
    Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    kelemahan nya: tidak dapat menjelas kan spektrum atom yg lebih kompleks, hanya bisa menjelas kan spektrum atom hydrogen.

    ^Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    ^Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    ^Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    Jawab :

    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm
    Jadi, panjang gelombang maksimum pada deret bracket adalah 4052 nm

    Terima Kasih pak.

    ReplyDelete
  76. Assalamualaikum pak
    Nama:Zakhwanul Fikri Arif
    Kelas:X MIPA 1
    Absen:40
    Sekolah:SMA N 1 Padang
    JAWABAN:

    1) isi teori atom Bohr adalah:
    Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.
    Walaupun model atom Bohr cukup untuk memodelkan spektrum hidrogen, model ini terbukti tidak cukup untuk memprediksikan spektrum elemen yang lebih kompleks.

    2) panjang gelombang maks pd deret Brecket adalah:
    (n=5,6,7…) menuju n=4 atau bisa juga ditulis dengan n=4m= 5,6,8,9...
    1/ λ = R ( 1/nA²   –   1/nB² )
    R= Ketetapan Rydberg = 1,097 × 10^7 m^−1
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  77. Nama : Kezia Valerina Damanik
    Kelas : X Mipa 1
    Sekolah : SMA Negeri 1 Padang

    1. Apa isi teori pada atom Bohr?
    - Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    •)Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    •)Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    •)Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    Panjang maksimum pada deret bracket
    Jawab
    m=4
    N=4m=5,6,7,8,9...
    N1=4 N2=5
    1/lamda =R(1/n1^2 - 1/n2^2)
    1/lamda=1,097x10^7 (1/10-1/25)
    1/lamda =1.097x10^7(9/400)
    Lamda=4052 nm
    Sekian terimakasih pak...

    ReplyDelete
  78. Assalamualaikum pak

    Nama : Mashia Zavira Septyana
    Kelas : X MIPA 1
    Nomor Absen : 14
    Sekolah : SMA N 1 PADANG

    1. Apa isi teori atom Bohr?

    jawab :
    - Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.

    - Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.

    - Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.

    - Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.

    2.Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!

    jawab :
    n = 4 m = 5,6,7,8,9,10,...
    deret ini terletak pada spektrum inframerah-2

    ReplyDelete
  79. Nama: Muhammad Alvin
    Kelas: X MIA1
    No. Absen: 18
    SMAN 1 PADANG

    Teori atom Bohr menyempurnakan teori atom Rutherford:
    1. elektron mengorbit inti atom pada lintasan lingkaran tertentu
    2. elektron memiliki energi tertentu pada setiap orbit dan bergerak dalam orbit tanpa meradiasikan energi
    3. energi diradiasikan hanya ketika elektron berpindah orbit ke orbit yang lebih rendah
    4. momentum sudut elektron dalam orbit harus memenuhi keadaan kuantum

    Panjang gelombang maks. pada deret Bracket:

    n1=4, maka maks n2=5
    1/λ = R (1/n1² - 1/n2²)
    1/λ = 1,097 ×10⁷ (1/4² - 1/5²)
    λ= 4052 nm
    Terima kasih pak

    ReplyDelete
  80. Nama : Alia Putri Sandri
    Kelas : X MIPA 1
    No Absen: 03
    SMAN 1 PADANG

    1. Teori tentang atom bohr :
    1.elektron beredar mengelilingi inti pada lintasan (orbit) yang di sebut kulit elektron.
    2.elektron yang beredar pada lintasannya tidak memancarkan energi,atau elektron itu dalam keadaan stasioner
    3.elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    4.perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah di sertai pemancaran energi.apabila elektron dengan tingkat energi rendah pindah ke lintasan dengan tingkat energi lebih tinggi maka elektron akan menyerap energi,peristiwa tersebut disebut eksitasi.
    5.Tingkat energi lintasan elektron tersebut kelipatan dari suatu bilangan bulat dari
    1 sampai dengan tak terhingga(bilangan kuantum.)

    2. Panjang gelombang maximum pada deret bracket
    λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm
    jadi,panjang gelombang maksimum pada deret Bracket adalah 4052 nm


    sekian,terima kasih Pak


    ReplyDelete
  81. Nama : Shalsha Billa
    Kelas : X MIPA 1
    Absen : 35
    SMAN 1 PADANG

    1.) Apa isi teori pada atom Bohr???
    Jawaban :
    > Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.

    > Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.

    > Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.

    > Momentum sudut electron dalam orbit harus memenuhi keadaan kuantum.

    > Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.

    > Walaupun model atom Bohr cukup untuk memodelkan spektrum hidrogen, model ini terbukti tidak cukup untuk memprediksikan spektrum elemen yang lebih kompleks.


    2.) Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!!!
    Jawaban :
    Ditemukan oleh Bracket pada tahun 1922. Deret Bracket ini berisi spektrum transisi elektron dari kulit lebih luar (n=5,6,7…)

    panjang m = 4 (ketentuan deret bracket)
    Panjang gelombang untuk n = m + 1

    Maka, panjang gelombang maksimum pada deret bracket adalah 4052 nm

    ReplyDelete
  82. Nama: Muhammad Fadhlurrahman Farid

    Sekolah: SMAN 1 PADANG

    Kelas: X-Mipa 1

    Absen: 19

    1. TEORI ATOM BOHR
    Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.
    Walaupun model atom Bohr cukup untuk memodelkan spektrum hidrogen, model ini terbukti tidak cukup untuk memprediksikan spektrum elemen yang lebih kompleks.


    2. Deret Bracket

    n=4, m=5,6,7...
    N1=4 N2=5
    1/lamda =R(1/n1^2 - 1/n2^2)
    1/lamda=1,097x10^7 (1/10-1/25)
    1/lamda =1.097x10^7(9/400)
    Lamda=4052 nm

    Terima kasih pak.

    ReplyDelete
  83. Nama : Ahmad Wicaksono
    Kelas : X MIPA 1
    No absen : 2
    SMAN 1 Padang

    1. Apa isi teori atom Bohr?
    Jawab :
    - Isi teori atom Bohr yang menyempurnakan teori sebelumnya yaitu teori atom Rutherford
    -Teori atom menurut Bohr adalah elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    a.)elektron beredar mengelilingi inti pada lintasan-lintasan (orbit) yg di sebut kulit elektron.
    b.)elektron yg beredar pada lintasannya tidak memancarkan energi.
    c.)apabila elektron dengan tingkat energi rendah pindah ke lintasan dengan tingkat energi lebih tinggi maka elektron akan menyerap energi,peristiwa ini disebut eksitasi

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket !
    1/ λ = R ( 1/nA2 – 1/nB2 )
    R= (1,097 × 10^7 m^−1)
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    λ max : 4052 nm
    Jadi panjang gelombang maksimum nya adalah 4052 nm

    Terima kasih pak

    ReplyDelete
  84. 1. Apa isi teori atom bohr
    * Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi.
    * Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    * Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket
    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  85. Assalamualaikum pak
    Nama:Della Khairunnisa
    Kelas:X MIPA 1
    Sekolah:SMAN 1 Padang

    1. Apa isi teori pada atom Bohr?
    Jawab:
    •Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    •Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    •Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    •Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.


    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    jawab:
    deret breket jika di transisi n = ~n = 4 maka , m =4
    n=4,m=5,6,7,8,...
    n1=4,max n2=5
    ▪1/λ = R (1/n1^2-1/n2^2)
    1/λ = 1, 097×10^7(1/4² 1/5²)
    λ max = 4052 nm.
    Terimakasih pak.

    ReplyDelete
  86. Nama : Ridwan Andriano
    Kelas : X Mipa1
    Sekolah : SMAN 1 PADANG

    Jawab:

    1)atom sebagai entitas dimana elektron mengelilingi intinya dalam orbit melingkar pada kecepatan tinggi pada lintasan tertentu.
    serupa dengan gerak planet-planet mengelilingi matahari.
    Dalam atom hidrogen, gaya tarik elektrostatik antara proton (diibaratkan matahari) yang positif dan elektron (diibaratkan planet) yang negatif akan menarik eektron ke arah dalam.
    yang diimbnagi secara tepat oleh percepatan yang disebabkan oleh gerak melingkar elektronnya.


    2)Deret Brackett (m=4)

    ReplyDelete
  87. nama : muhammad addli hakim eldi
    kelas : X mipa 1
    no absen : 16
    sekolah: sma 1 padang

    1.isi teori atom bohr

    Elektron dalam atom hidrogen berpuatar di sekitar inti di jalur melingkar tetap memiliki energi yang pasti atau disebut orbit.
    Energi elektron pada orbit tersebut ditentukan oleh jarak elektron terhadap inti atom, semakin jauh dari inti atom energi elektron semakin tinggi.
    Hanya pada orbit dengan tingkat energi tertentu itulah elektron dapat mengelilingi inti atau dengan kata lain tingkat energi terkwantisasi.
    Elektron dapat berpindah dari tingkat energi rendah ke tingkat energi yang lebih tinggi jika menyerap energinya yang cukup.
    Elektron dapat berpindah ke tingkat energi yang lebih tinggi ke tingkat energi yang lebih rendah dengan melepaskan energi tertentu.
    Tingkat energi lintasan elektron tersebut merupakan kelipatan dari suatu bilangan bulat dari 1 sampai dengan tak terhingga yang disebut bilangan kuantum.

    2.tentukan panjang gelombang maksimum pada deret backet

    1/ λ = R ( 1/nA2 – 1/nB2 )
    R= (1,097 × 10^7 m^−1)
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    λ max : 4052 nm

    terima kasih pak

    ReplyDelete
  88. Nama :Nafira Najla
    Sekolah:SMA NEGERI 1 PDG
    Kelas :xMIA1
    No.absen: no.25
    Tanggal : Kamis, 27 Agustus
    2020
    Jawaban saya dari latihan di atas adalah =ᕗ
    1.Isi teori atom Bohr
    = a.) Elektronik dlm atom hidrogen (tunggal) berputar di sekitar inti di jalur melingkar (orbit) yang memiliki energi tetap.

    b.) Energi elektronik pada orbit tersebut ditentukan oleh jarak elektron terhadap initi atom. Semakin jauh elektron dari inti, maka energinya semakin tinggi.

    c.) Hanya pada orbit dengan tingkat energi tertentu itulah elektron dapat mengelilingi inti atau dengan kata lain tingkat energi terwantisi.

    d.) Elektron dapat berpindah dari tingkat energi rendah ke tingkat energi tinggi, tapi dengan cara menyerapkan/menambahkan energi tertentu.

    e.) Elektron dapat berpindah dari tingkat energi tinggi ke tingkat energi rendah, tapi dengan cara melepaskan/mengurangkan energi tertentu.

    f.) Tingkat energi lintasan elektron tersebut merupakan kelipatan dari suatu bilangan bulat dari 1 sampai tak terhingga yang disebut kuantum.

    2.Panjang gelombang maksimum pada deret Braket
    = Deretan Braket :
    1n =4 dan 2n =5, 6,7,8,...
    Jika deret braket terjadi transisi elektron dari :
    n=~ ke n=4
    Panjang gelombang yg dipancarkan :
    1/lambda = R (1/n1^2 - 1/n2^2)
    Konstanta (R) = 1,097 × 10^7m^-1
    Jadi :
    *) 1/lambda = 1,097 × 10^7
    (1/10 - 1/25)
    *) 1/lambda = 1,097 × 10^7
    (9/400)
    *) Lambda =400/9 × 1,097 ×
    10^7
    *) Lambda =4052

    ReplyDelete
  89. Assalamualaikum pak

    Nama : Tiara Viyola
    Kelas : X MIPA 1
    Nomor Absen : 37
    Sekolah : SMA N 1 PADANG

    1. Apa isi teori atom Bohr?

    jawab : . 1.Atom tersusun dari inti atom yang bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif beredar mengelilingi inti atom

    2. Elektron yang beredar mengelilingi inti atom pada suatu lintasan yang stasioner disebut kulit. Elektron bergerak secara stasioner beredar mengelilingi inti atom dengan jarak tertentu.

    3. Elektron dapat berpindah dari satu kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lainnya. 2.Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!

    jawab :
    n = 4 m = 5,6,7,8,9,10,...
    deret ini terletak pada spektrum inframerah-2

    ReplyDelete
  90. Nama : Haya Zhafira Amani
    Kelas : X Mia 1
    Sekolah : SMA negeri 1 Padang

    1. teori bohr
    yaitu teori ttg atom yg menyatakan elektron mengelilingi ini atom pada tingkat energi tertentu. ia menggambarkan nny seperyi bentuk orbit layakny planet,. Tiap elektron dalam atom hidrogen hanya dapat menempati orbit tertentu. Karena tiap orbit memiliki orbit tertentu, energi yang berkaitan dengan gerakan elektron pada orbit yang diizinkan harus mempunyai nilai yang konstan atau terkuantisasi.sehingga menjadi seimbang

    2. gelombang terpanjang pada deret brackett adalah
    1/π = R (1/5^2 - 1/n^2 )
    dimana n =m+1
    maka yg terpanjang adalah 4052 nm

    ReplyDelete
  91. Nama : Muhammad Alghifary Adha
    Kelas : X MIA 1
    No Absen : 17
    Asal Sekolah : SMA N 1 Padang

    Jawaban
    No.1 Isi teori Bohr
    - Atom tersusun dari inti atom yang bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif beredar mengelilingi inti atom
    - elektron beredar mengelilingi inti pada lintasan-lintasan (orbit) yg di sebut kulit elektron.
    - Energi elektron pada orbit tersebut ditentukan oleh jarak elektron terhadap inti atom, semakin
    jauh dari inti atom energi elektron semakin tinggi.
    - elektron yg beredar pada lintasannya tidak memancarkan energi.
    - apabila elektron dengan tingkat energi rendah pondah ke lintasan dengan tingkat energi lebih tinggi maka elektron akan menyerap energi,peristiwa ini disebut eksitasi
    -perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah di sertai pemancaran energi

    No. 2 Panjang gelombang maksimum pada deret Bracket
    Deret bracket terjadi jika transisi elektron dari n=~ ke n=4,deret bracket m = 4
    n1 =4, n2=5,6,7
    rumus = 1/ λ = R(1/n1^2-1/n2^2)
    = 1/ λ = 1,097 x 10^7(1/10 - 1/25)
    = 1/ λ = 1.097x10^7(9/400)
    = λ = 400/9x1,097x10^7
    = λ = 4052 nm

    ReplyDelete
  92. Nama : M.Thariq Adzikra
    Kelas : XMIPA1
    No absen : 23
    Sekolah : SMAN 1 PADANG

    JAWAB:
    1. atom sebagai sebuah inti kecil bermuatan positif yang dikelilingi oleh elektron yang bergerak dalam orbit sirkuler mengelilingi inti mirip sistem tata surya, tetapi peran gaya gravitasi digantikan oleh gaya elektrostatik
    2. Deret bracket (m=4)

    ReplyDelete
  93. Nama:vellysha Pratiwi erland
    Kelas:x mipa 1
    No absen:38
    SMA NEGERI 1 PADANG

    1.apa isi teori atom bohr?
    =
    •Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.

    •Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.

    •Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.

    •Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.

    2.Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    =
    1/ λ = R ( 1/nA2 – 1/nB2 )
    R= (1,097 × 10^7 m^−1)
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    λ max : 4052 nm
    Jadi panjang gelombang maksimum pada deret bracket adalah 4052 nm
    Terima kasih pak

    ReplyDelete
  94. Nama : Muhammad Rizki Afader
    Kelas : X MIPA 1
    No absen : 22
    SMAN 1 Padang

    1. Apa isi teori atom Bohr?
    Jawab :
    - Isi teori atom Bohr yang menyempurnakan teori sebelumnya yaitu teori atom Rutherford
    -Teori atom menurut Bohr adalah elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    a.)elektron beredar mengelilingi inti pada lintasan-lintasan (orbit) yg di sebut kulit elektron.
    b.)elektron yg beredar pada lintasannya tidak memancarkan energi.
    c.)apabila elektron dengan tingkat energi rendah pindah ke lintasan dengan tingkat energi lebih tinggi maka elektron akan menyerap energi,peristiwa ini disebut eksitasi

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket !
    1/ λ = R ( 1/nA2 – 1/nB2 )
    R= (1,097 × 10^7 m^−1)
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    λ max : 4052 nm
    Jadi panjang gelombang maksimum nya adalah 4052 nm

    Terima kasih pak

    ReplyDelete
  95. Nama: Rezky Aulyya Nisa
    Sekolah: SMA N 1 PADANG
    Kelas: X MIA 1

    JAWABANNYA
    1) Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi.
    2) deret bracket (m = 4)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjutan no 2 pak

      2. Rumus:
      1/ λ = R ( 1/nA2 – 1/nB2 )
      R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10^7 m^−1)
      n= Lintasan luar
      λ= Panjang gelombang
      1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
      λ max : 4052 nm

      Delete
  96. Nama : Syarifa Sahira Salsabila
    Kelas : X MIA 3
    No. Absen : 36
    Sekolah : SMA N 1 Padang

    1. Apa isi teori atom Bohr?
    Bohr mengemukan:
    a.Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    b.Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    c.Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    d.Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    Rumus = 1/ λ = R ( 1/nA2 – 1/nB2 )
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10^7 m^−1)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    λ max : 4052 nm

    terimakasih pak🙏🏼

    ReplyDelete
  97. Ivan dari kelas MIPA 1

    1.
    - Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    - Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    -Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    - Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.


    2.1/ λ = R ( 1/nA2 – 1/nB2 )
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10^7 m^−1)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  98. Nama: Marchello hevie jhonatan
    Kelas: X MIPA 1
    No absen : 13
    SMAN 1 padang

    1.apa isi teori atom Bohr?
    Jawab:
    • elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan tertentu, dengan tidak memancarkan energi. Lintasan lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    • elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain. Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi.sedangkan perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    • elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau tidak menyerap energi.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket !
    1/ λ = R ( 1/nA2 – 1/nB2 )
    Keterangan:
    R= (1,097 × 10^7 m^-1)
    Deret bracket
    n1=4, n2 = 5,6,7....
    1/ λ = 1,097 ×10^7 m^-1(1/4^2 — 1/5^2)
    λ maksimum = 4052 nm

    Terimakasih pak.

    ReplyDelete
  99. Nama: Dian dwi fadhila
    Kelas : X MIPA 1
    Sekolah: SMAN 1 Padang

    1. Apa isi teori atom bohr?
    Jawab:
    Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.

    Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    Jawab:

    Deret bracket terjadi jika transisi elektron dari n=~ ke n=4,deret bracket m = 4
    n1 =4, n2=5,6,7

    rumus = 1/ λ = R(1/n1^2-1/n2^2)
    = 1/ λ = 1,097 x 10^7(1/10 - 1/25)
    = 1/ λ = 1.097x10^7(9/400)
    = λ = 400/9x1,097x10^7
    = λ = 4052 nm
    Jadi, panjang gelombang maksimum nya adalah 4052 nm.

    ReplyDelete
  100. Nama: Fikri Deli Al Khairi
    Kelas: X-MIPA 3
    Absen: 12
    Sekolah: SMA N 1 Padang

    1. Apa isi teori atom bohr?

    Ada 6 poin utama dari teori atom Bohr ini, antara lain :

    1. Elektron dalam atom hidrogen berpuatar di sekitar inti di jalur melingkar tetap memiliki energi yang pasti atau disebut orbit.

    2. Energi elektron pada orbit tersebut ditentukan oleh jarak elektron terhadap inti atom, semakin jauh dari inti atom energi elektron semakin tinggi.

    3. Hanya pada orbit dengan tingkat energi tertentu itulah elektron dapat mengelilingi inti atau dengan kata lain tingkat energi terkwantisasi.

    4. Elektron dapat berpindah dari tingkat energi rendah ke tingkat energi yang lebih tinggi jika menyerap energinya yang cukup.

    5. Elektron dapat berpindah ke tingkat energi yang lebih tinggi ke tingkat energi yang lebih rendah dengan melepaskan energi tertentu.

    6. Tingkat energi lintasan elektron tersebut merupakan kelipatan dari suatu bilangan bulat dari 1 sampai dengan tak terhingga yang disebut bilangan kuantum.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!

    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm.

    Terimakasih pak 🙏

    ReplyDelete
  101. Nama : Aliyya putri mahendra
    Kelas : X mipa 2
    No absen : 03
    Sekolah : SMAN 1 Padang

    1. Apa isi teori atom bohr?
    • elektron mengorbit inti atom hanya dalam lintasan lingkaran tertentu
    • elektron memiliki energi tertentu dalam setiap orbit dan bergerak dalam orbit tanpa meradiasikan energi
    • energi diradiasikan hanya ketika elektron berpindah dari satu orbit ke orbit lainnya yang lebih rendah
    • momentum sudut elektron dalam orbit harus memenuhi keadaan kuantum

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret bracket!
    1/λ= R (1/n1^2-1/n2^2)
    1/λ= 1.097 (1/4^2-1/5^2)
    λmax = 4052 nm

    ReplyDelete
  102. Nama : Aliyya putri mahendra
    Kelas : X mipa 2
    No absen : 03
    Sekolah : SMAN 1 Padang

    1. Apa isi teori atom bohr?
    • elektron mengorbit inti atom hanya dalam lintasan lingkaran tertentu
    • elektron memiliki energi tertentu dalam setiap orbit dan bergerak dalam orbit tanpa meradiasikan energi
    • energi diradiasikan hanya ketika elektron berpindah dari satu orbit ke orbit lainnya yang lebih rendah
    • momentum sudut elektron dalam orbit harus memenuhi keadaan kuantum

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret bracket!
    1/λ= R (1/n1^2-1/n2^2)
    1/λ= 1.097 (1/4^2-1/5^2)
    λmax = 4052 nm

    ReplyDelete
  103. Nama : Avicenna An Nahl Hadikusuma
    Kelas : X MIPA 1
    No Absen : 4
    Sekolah : SMAN 1 Padang

    1. Isi teori atom bohr
    • Teori atom bohr menyatakan bahwa elektron mengelilingi inti atom melalui orbit.
    • Semakin jauh elektron dari inti atom maka semakin tinggi energi elektron tsb
    • Momentum sudut elektron dalam orbit harus memenuhi keadaan kuantum

    2. Panjang gelombang maksimum pada deret bracket
    1/λ= R (1/nA2 - 1/nB2)
    R = (1097 x 10^7m^-1)
    1/λ= 1097x10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    1/λ= 1097x10^7 (9/400)
    1/λ= 400/9x1097x10^7
    1/λ= 4052 nm
    Jdi panjang maksimum nya ialah 4052 nm

    Maaf telat pak 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:Rahmi putri Yulianti
      Kelas:x mipa 4
      No.absen:33
      Sekolah:SMAN 1 PADANG

      1)-elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan tertentu,dengan tidak memancarkan energi.
      - elektron dpt berpindah dari satu lintasan ke lintasan lain.
      - elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner,artinya elektron tidak memancarkan/menyerap energi.

      2) Deret Bracket (m = 4)dengan n = 5, 6, 7, ….
      deret bracket terjadi apabila transisi elektron dari n=~ ke n=4.

      sekian,terimakasih pak 🙏🏻

      Delete
  104. Nama : Andhira Berliani Hsb
    Kelas:x- mipa 4
    No absen:05
    Sekolah:SMA NEGERI 1 PADANG
    1. teori bohr
    yaitu teori ttg atom yg menyatakan elektron mengelilingi ini atom pada tingkat energi tertentu. ia menggambarkan nny seperyi bentuk orbit layakny planet,. Tiap elektron dalam atom hidrogen hanya dapat menempati orbit tertentu. Karena tiap orbit memiliki orbit tertentu, energi yang berkaitan dengan gerakan elektron pada orbit yang diizinkan harus mempunyai nilai yang konstan atau terkuantisasi.sehingga menjadi seimbang.
    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    Rumus = 1/ λ = R ( 1/nA2 – 1/nB2 )
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10^7 m^−1)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  105. Nama = Muhammad farrel fadhlan
    Kelas = X MIPA 4
    absen = 21
    1.Jawab:
    Isi teori atom bohr:
    ▪︎Elektron mengelilingi inti atom pada tingkat energi (kulit) tertentu, tidak memancarkan energi
    ▪︎Elektron dapat berpindah dari tingkat energi satu ke tingkat energi lain
    ▪︎Elektron yang bergerak pada lintasannya tidak memancarkan atau menyerap energi (berada pada keadaan stasioner)
    ▪︎Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi, sedangkam perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi

    2.. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret bracket
    Deret bracket terjadi pada saat
    n1 = 4 , dan n2 = 5 , 6 ,7
    • Rumus:
    1/ λ = R ( 1/nA²   –   1/nB² )
    R= Ketetapan Rydberg = 1,097 × 10^7 m^−1
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  106. Nama:putri felisha nabila
    Kelas:x mipa 4
    Absen:31
    Sekolah:sman 1 padang
    1.isi teori atom bohr?
    Model atom Bohr mengemukakan bahwa atom terdiri dari inti berukuran sangat kecil dan bermuatan positif dikelilingi oleh elektron bermuatan negatif yang
    mempunyai orbit.
    2.tentukan panjang gelombang maksimum pada deret bracket,deret brucket terjadi pada saat n1=4 dan n2:5,6,7
    -rumus 1/λ=R(1/n2=1/m2)
    R= Ketetapan Rydberg = 1,097 × 10^7 m^−1
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    λ max : 4052 nm
    Trima kasih pak
    Assalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
  107. Assalamualaikum pak
    Nama : Fisti Syafarani
    Kelas : X MIPA 4
    Sekolah : SMA Negeri 1 Padang

    1) Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    2) Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    3) Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    4) Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.

    B. Panjang gelombang maksimum pada deret Bracket:
    n1 = 4 dan n2= 5
    1/λ = R (1/n1^2 - 1/n2^2)
    1/λ = R (1/4² - 1/5²)
    1/λ = R (1/10 - 1/25)
    1/λ = R (25/400 - 16/400)
    1/λ = R (9/400)
    1/λ = (1,097 × 10^7)× 9/400
    λ = 400/ (9×1,097× 10^7)
    λ = (400/9,873)× 10^-7
    λ = 40,515 × 10^-7
    λ = 4051,5 × 10^-9
    λ = 4051,5 nm
    λ = 4052 nm







    ReplyDelete
  108. Nama:Afifah Hulwah
    Kelas : X Mia 4
    Absen: 02
    Sekolah: SMAN 1 PADANG

    1. Atom tersusun dari inti atom yang bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif beredar mengelilingi inti atom
    2. Elektron yang beredar mengelilingi inti atom pada suatu lintasan yang stasioner disebut kulit. Elektron bergerak secara stasioner beredar mengelilingi inti atom dengan jarak tertentu.
    3. Elektron dapat berpindah dari satu kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lainnya. Jika berpindah dari kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lebih tinggi, maka elektron akan menyerap energi yang disebut eksitasi, contoh dari kulit K berpindah ke kulit L. Tetapi jika berpindah dari kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lebih rendah, maka elektron akan memancarkan energi yang disebut deeksitasi, contoh dari kulit M berpindah ke kulit L. Peristiwa eksitasi dan deeksitasi yang terjadi disebut transisi elektron.



    Ada pun kelebihan dan kekurangan dari teori Bohr, kelebihan teori Bohr adalah •dapat menyempurnakan teori sebelumnya salah satunya teori atom Rutherford dan dapat menjelaskan garis spektrum atau serapan adsorpsi dari atom hidrogen. •dapat menjelaskan elektron yang beredar mengelilingi inti atom mempunyai lintasan dan energi. Jika ingin berpindah dari kulit yang lebih rendah ke lebih tinggi akan menyerap energi, sedangkan dari kulit lebih tinggi ke rendah akan melepaskan energi. Sedangkan kelemahan dari teori Bohr adalah hanya dapat menjelaskan garis spektrum atau serapan adsorpsi dari atom hidrogen tetapi untuk spektrum atom yang lebih kompleks/lebih besar/jumlah elektron lebih banyak Bohr tidak dapat menjelaskannya, ketika elektron mengelilingi inti atom dalam lintasan terbentu bentuk lintasan bukan lingkaran tetapi berbentuk elips, dan Bohr beranggapan elektron bukan hanya sebagai partikel tetapi sebagai partikel dan gelombang.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    •Panjang maksimum oada deret brackett(m=4)
    Jawab
    N=4m=5,6,7,8,9...
    N1=4. N2=5
    1/lamda =R(1/n1^2-1/n2^2)
    1/lamda=1,097x10^7(1/10-1/25)
    1/lamda =1.097x10^7(9/400)
    Lamda=400/9x1,097x10^7
    Lamda=4052 nm
    Makasih pak🙏🏻

    ReplyDelete
  109. Nama: Faiza Rahma Syarita
    Absen:10
    Kelas: X MIPA 4
    Sekolah: SMAN 1 Padang
    1. Isi teori atom bohr adalah elektron didalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan² tertentu,tetapi tidak memancarkan energi.Lintasan² elektron tersebut disebut kulit atau tingkat energi elektron.Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan lainnya.
    2.Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret bracket . Deret bracket terjadi pada saat n1=4 dan n2=5,6,7 dst.
    1/Lamda = R [ 1/n1^2 - 1/n2^2 ]
    R = ketetapan rydberg ( 1,907 × 10^7 m)
    n = lintasan luar
    Lamda = panjang gelombang
    1/Lamda = 1,907 × 10^7 m (1/4^2 - 1/5^2)
    Lamda maksimum = 4,052 nm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koreksi pak ,,Nama: Faiza Rahma Syarita
      Absen:10
      Kelas: X MIPA 4
      Sekolah: SMAN 1 Padang
      1. Isi teori atom bohr adalah elektron didalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan² tertentu,tetapi tidak memancarkan energi.Lintasan² elektron tersebut disebut kulit atau tingkat energi elektron.Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan lainnya.
      2.Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret bracket . Deret bracket terjadi pada saat n1=4 dan n2=5,6,7 dst.
      1/Lamda = R [ 1/n1^2 - 1/n2^2 ]
      R = ketetapan rydberg ( 1,907 × 10^7 m)
      n = lintasan luar
      Lamda = panjang gelombang
      1/Lamda = 1,907 × 10^7 m (1/4^2 - 1/5^2)
      Lamda maksimum = 4.052 nm

      Delete
  110. Nama : tahmid salsalosa
    Kelas : X mipa 4
    No absen : 37
    Sekolah : SMAN 1 Padang

    1. Apa isi teori atom bohr?
    • elektron mengorbit inti atom hanya dalam lintasan lingkaran tertentu
    • elektron memiliki energi tertentu dalam setiap orbit dan bergerak dalam orbit tanpa meradiasikan energi
    • energi diradiasikan hanya ketika elektron berpindah dari satu orbit ke orbit lainnya yang lebih rendah
    • momentum sudut elektron dalam orbit harus memenuhi keadaan kuantum

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret bracket!
    1/λ= R (1/n1^2-1/n2^2)
    1/λ= 1.097 (1/4^2-1/5^2)
    λmax = 4052 nm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Aditya pratama
      Kelas : X mipa 4
      No absen : 01
      Sekolah : SMAN 1 Padang



      1.Apa isi teori atom bohr?

      • elektron mengorbit inti atom hanya dalam lintasan lingkaran tertentu

      • elektron memiliki energi tertentu dalam setiap orbit dan bergerak dalam orbit tanpa meradiasikan energi

      • energi diradiasikan hanya ketika elektron berpindah dari satu orbit ke orbit lainnya yang lebih rendah

      • momentum sudut elektron dalam orbit harus memenuhi keadaan kuantum

      2.Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret bracket . Deret bracket terjadi pada saat n1=4 dan n2=5,6,7 dst.
      1/Lamda = R [ 1/n1^2 - 1/n2^2 ]
      R = ketetapan rydberg ( 1,907 × 10^7 m)
      n = lintasan luar
      Lamda = panjang gelombang
      1/Lamda = 1,907 × 10^7 m (1/4^2 - 1/5^2)
      Lamda maksimum = 4,052 nm

      Delete
  111. Nama : Mhd. Khalil
    No absen : 18
    Kelas : X Mipa 4
    Sekolah : SMAN 1 PADANG

    1. Apa isi teori atom Bohr?
    - Elektron mengorbit inti atom hanya dalam lintasan lingkaran tertentu
    - Elektron memiliki energi tertentu pada setiap orbit dan bergerak dalam orbit tanpa meradiasikan energi
    - Energi diradiasikan hanya ketika elektron berpindah dari satu orbit ke orbit lainnya yang lebih rendah. Radiasi ini dipancarkan dalam bentuk photon yang memiliki energi hf=E1-E2
    - Momentum sudut elektron dalam orbit harus memenuhi keadaan kuantum. Yaitu L=mvr=nh/2π

    2. Panjang gelombang maksimum pada deret bracket

    n1=4
    n2=5
    R = 1,097 x 10^7

    1/λ= R(1/n1^2 - 1/n2^2)
    1/λ= 1,097x10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    1/λ= 1,097x10^7 m^-1(1/16 - 1/25)
    1/λ= 1,097x10^7 m^-1(25/400 - 16/400)
    1/λ= 1,097x10^7 m^-1(9/400)
    λ= 400 m/9x1.097x10^7
    λ = 40,52 m x 10^-7
    λ = 4052 nm

    ReplyDelete
  112. Nama: Qaanitah Yusna Aztris
    Kelas:X MIPA 4
    Absen:32
    Sekolah:SMA N 1 PADANG

    1.)Elektron beredar mengelilingi inti atom dengan tingkat-tingkat energi tertentu.Semakin dekat dengan inti atom,tingkat energi semakin rendah,dan sebaliknya semakin jauh dengan inti atom,tingkat energi semakin tinggi.
    KELEBIHAN:•Dapat menjelaskan spektrum gelombanh elektromagnetik pada atom sederhana yaitu atom hidrogen
    •Menjelaskan adanya valensi elektron dan bagaimana elektron mengorbit tanpa jatuh ke inti atom
    KEKURANGAN:•Tidak bisa menjelaskan spektrum gelombang elektromagnetik pada atom dengan banyak elektron
    •Tidak bisa menjelaskan ikatan kimia kovalen

    2.)1/ λ = R ( 1/nA2 – 1/nB2 )
    R= (1,097 × 10^7 m^−1)
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    λ max : 4052 nm
    Jadi panjang gelombang maksimum pada deret bracket adalah 4052 nm
    Terima kasih pak

    ReplyDelete
  113. Nama: Hilmi zikri
    Kelas: X MIPA 4
    Absen: 16
    Sekolah: SMA N 1 PADANG

    1. Apa isi teori atom Bohr?
    -Atom tersusun dari inti atom yang bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif beredar mengelilingi inti atom

    -Elektron yang beredar mengelilingi inti atom pada suatu lintasan yang stasioner disebut kulit. Elektron bergerak secara stasioner beredar mengelilingi inti atom dengan jarak tertentu.

    -Elektron dapat berpindah dari satu kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lainnya. Jika berpindah dari kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lebih tinggi, maka elektron akan menyerap energi yang disebut eksitasi, contoh dari kulit K berpindah ke kulit L. Tetapi jika berpindah dari kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lebih rendah, maka elektron akan memancarkan energi yang disebut deeksitasi, contoh dari kulit M berpindah ke kulit L. Peristiwa eksitasi dan deeksitasi yang terjadi disebut transisi elektron.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    Jawab :

    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm
    Jadi, panjang gelombang maksimum pada deret bracket adalah 4052 nm

    Terimakasih pak

    ReplyDelete
  114. Nama: Rahmi Putri Yulianti
    Kelas: x mipa 4
    No.absen: 33
    Sekolah: SMAN 1 PADANG

    1).-elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan tertentu,dengan tidak memancarkan energi.
    - elektron dpt berpindah dari satu lintasan ke lintasan lain.
    - elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner,artinya elektron tidak memancarkan/menyerap energi.

    2) Deret Bracket (m = 4)dengan n = 5, 6, 7, ….
    deret bracket terjadi apabila transisi elektron dari n=~ ke n=4.

    sekian,terimakasih pak 🙏🏻

    ReplyDelete
  115. Replies
    1. Nama=Raja Imam Doli
      Kelas= X MIPA 4
      Absen= 34

      1.Apa isi teori Atom Bohr?

      teori atom Bohr menjelaskan sebagai berikut :

      1. Atom tersusun dari inti atom yang bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif beredar mengelilingi inti atom
      2. Elektron yang beredar mengelilingi inti atom pada suatu lintasan yang stasioner disebut kulit. Elektron bergerak secara stasioner beredar mengelilingi inti atom dengan jarak tertentu.
      3. Elektron dapat berpindah dari satu kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lainnya. Jika berpindah dari kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lebih tinggi, maka elektron akan menyerap energi yang disebut eksitasi, contoh dari kulit K berpindah ke kulit L. Tetapi jika berpindah dari kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lebih rendah, maka elektron akan memancarkan energi yang disebut deeksitasi, contoh dari kulit M berpindah ke kulit L. Peristiwa eksitasi dan deeksitasi yang terjadi disebut transisi elektron.

      2.tentukan panjang gelombang maksimum pada deret bracket
      =1/ λ = R ( 1/nA2 – 1/nB2 )
      R= (1,097 × 10^7 m^−1)
      1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
      λ max : 4052 nm

      terima kasih pak

      Delete
  116. Nama = keysha azzahra
    Kelas = X MIPA 4
    absen = 17
    1.Jawab:
    Isi teori atom bohr:
    Elektron mengelilingi inti atom pada tingkat energi (kulit) tertentu, tidak memancarkan energi. Elektron dapat berpindah dari tingkat energi satu ke tingkat energi lain. Elektron yang bergerak pada lintasannya tidak memancarkan atau menyerap energi (berada pada keadaan stasioner). Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi, sedangkam perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi

    2.. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret bracket
    Deret bracket terjadi pada saat
    n1 = 4 , dan n2 = 5 , 6 ,7
    • Rumus:
    1/ λ = R ( 1/nA² – 1/nB² )
    R= Ketetapan Rydberg = 1,097 × 10^7 m^−1
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  117. Nama : Zahra Putri Anjani
    Kelas : X MIPA 4
    Absen : 39
    Sekolah : SMAN 1 PADANG

    1. Apa isi teori atom Bohr ?
    • Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.

    • Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.

    • Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.

    • Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret bracket!
    *jawab*
    Deret bracket terjadi pada saat
    n1 = 4 , dan n2 = 5 , 6 ,7
    ~~ Rumus:
    1/ λ = R ( 1/nA² – 1/nB² )
    R= Ketetapan Rydberg = 1,097
    × 10^7 m^−1
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 -
    1/5^2)
    λ max : 4052 nm

    terimakasih pak

    ReplyDelete
  118. Nama : Aisha Tsuraya Hedwar
    Kelas : X MIPA 4
    Sekolah : SMA N 1 Padang
    1. Isi teori atom bohr
    • Atom terdiri atas inti atom yang bermuatan positif dengan elektron yang bergerak dalam lintasan nya. Elektron mengorbit inti atom hanya dalam lintasan lingkaran tertentu. Energi elektron bersifat konstan dan stasioner sehingga tidak akan jatuh ke inti atom.
    • elektron memiliki energi tertentu pada setiap orbit dan bergerak dalam orbit tanpa meradiasikan energi.
    • energi diradiasikan hanya ketika elektron berpindah dari satu orbit ke orbit lainnya yang lebih rendah
    • momentum sudut elektron dalam orbit harus memenuhi keadaan kuantum
    2. Panjang gelombang maksimum pada deret bracket
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan Luar
    λ= Panjang Gelombang
    n1 = 4 n2 = 5
    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    1/λ = R (¼² - ⅕²)
    1/λ = R (1/10 - 1/25)
    1/λ = R (25/400 - 16/400)
    1/λ = R (9/400)
    1/λ = (1,097 × 10⁷)× 9/400
    λ = 400/ (9×1,097× 10⁷)
    λ = (400/9,873)× 10-⁷
    λ = 40,515 × 10-⁷
    λ = 4051,5 × 10-⁹
    λ = 4051,5 nm
    λ = 4052 nm

    ReplyDelete
  119. Assalamualaikum pak
    Nama : Orion Beryl Yonaniko
    Kelas : X MIPA 4
    No absen : 30

    1)isi teori atom Bohr adalah :
    •elektron mengelilingi intinya dalam orbit melingkar pada kecepatan tinggi.
    •elektron dapat berpindah dari tingkat orbit satu ke tingkat orbit lain.perpindahan dari orbit yang berenergi rendah ke tinggi (eksitasi)menyerap energi,sedangkan perpindahan elektron dari yang berenergi tinggi ke rendah (deekstasi)memancarkan energi.
    •elektron dalam orbit melingkar, namun ia memasukkan syarat yang ketat. Tiap elektron dalam atom hidrogen hanya dapat menempati orbit tertentu. Karena tiap orbit memiliki orbit tertentu, energi yang berkaitan dengan gerakan elektron pada orbit yang diizinkan harus mempunyai nilai yang konstan atau terkuantisasi.
    •elektron mengorbit inti atom hanya dalam lintasan lingkaran tertentu.
    •elektron memiliki energi tertentu pada setian orbit dan bergerak dalam orbit tanpa meradiasikan energi
    •energi diradiasikan hanya ketika elektron berpindah dari satu orbit ke orbit lainnya yang lebih rendah
    •momentum sudut elektron dalam orbit harus memenuhi keadaan kuantum

    2.panjang gelombang maksimum pada deret Bracket adalah :
    Diketahui :
    •n1 = 4 •n2= 5 •1,097 x10^7
    Ditanya :
    •λ n=4
    Jawab :
    1/λ = R (1/n1^2 - 1/n2^2)
    1/λ = R (1/4^2 - 1/5^2)
    1/λ = R (1/16 - 1/25)
    1/λ = R (25/400 - 16/400)
    1/λ = R (9/400)
    1/λ = (1,097 × 10^7)× 9/400
    λ = 400/ (9×1,097× 10^7)
    λ = (400/9,873)× 10^-7
    λ = 40,515 × 10^-7
    λ = 4051,5 × 10^-9
    λ = 4051,5 nm
    λ = 4052 nm

    Jadi panjang lintasan max bracket adalah

    ReplyDelete
  120. Nama: Najwan Verdi Atmaja
    Kelas: X MIPA 4
    No. Absen: 28
    Sekolah: Sman 1 Padang

    1. Apa isi teori Bohr ?
    = Elektron yang berada di dalam atom mengelilingi intinya dalam lintasan(kulit) yg sudah ditentukan dan tidak memancarkan energi. Elektron dapat berpindah dari satu lintasan kè lintasan yg lain

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    =
    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm

    Terima kasih pak

    ReplyDelete
  121. Nama: Giyan Farras Alifio
    Absen:14
    Kelas: x mipa 4
    SMAN 1 Padang

    1. Apa isi teori atom bohr?
    Jawab:
    Bohr mengemukakan bahwa:
    A.Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    B.Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    C.Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    D.Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    Jawab:
    Panjang maksimum pada deret brackett(m=4)
    Jawab
    N=4m=5,6,7,8,9...
    N1=4. N2=5
    1/λ =R(1/n1^2-1/n2^2)
    1/λ =1,097x10^7(1/10-1/25)
    1/λ =1.097x10^7(9/400)
    λ =400/9x1,097x10^7
    λ =4052 nm

    ReplyDelete
  122. Replies
    1. Assalamualaikum pak
      Nama:tyas mahardika ramadan
      Kelas: X MIPA 4
      No. Absen: 38
      Sekolah: Sman 1 Padang

      1. Apa isi teori Bohr ?
      = Elektron yang berada di dalam atom mengelilingi intinya dalam lintasan(kulit) yg sudah ditentukan dan tidak memancarkan energi. Elektron dapat berpindah dari satu lintasan kè lintasan yg lain
      2.panjang gelombang maksimum pada deret Bracket adalah :
      Diketahui :
      •n1 = 4 •n2= 5 •1,097 x10^7
      Ditanya :
      •λ n=4
      Jawab :
      1/λ = R (1/n1^2 - 1/n2^2)
      1/λ = R (1/4^2 - 1/5^2)
      1/λ = R (1/16 - 1/25)
      1/λ = R (25/400 - 16/400)
      1/λ = R (9/400)
      1/λ = (1,097 × 10^7)× 9/400
      λ = 400/ (9×1,097× 10^7)
      λ = (400/9,873)× 10^-7
      λ = 40,515 × 10^-7
      λ = 4051,5 × 10^-9
      λ = 4051,5 nm
      λ = 4052 nm

      Delete

  123. Nama: Naila Nurul Afifah
    Kelas: X MIA 4
    No absen: 27

    1. Isi teori atom Bohr?

    Neils Borh ahli fisika dari Denmark adalah ilmuwan pertama yang mengembangkan teori struktur atom pada 1913

    1. Atom terdiri dari inti yang bermuatan positif di dalam satu lintasan dan dikelilingi oleh atom yang bermuatan negatif (elektron)
    2. Elektron bisa berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain dengan menyerap atau memancarkan energi sehingga energi elektron atom itu tidak berkurang
    3. Jika berpindah ke lintasan yang lebih tinggi elektron akan menyerap energi, jika berpindah ke lintasan yang lebih rendah elektron akan memancarkan energi
    4. kedudukan elektron pada tingkat tingkat energi tertentu yang disebut kulit kulit elektron

    2. Panjang gelombang maksimum pada deret Bracket

    R= 1,097.10⁷
    n1= 4
    n2= 5

    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2² )
    1/ λ = 1,097.10⁷ (1/4² – 1/5²)
    1/ λ = 1,097.10⁷ (1/16 – 1/25)
    λ = 4050 nm

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf pak ada kesalahan,

      1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2² )
      1/ λ = 1,097.10⁷ (1/4² – 1/5²)
      1/ λ = 1,097.10⁷ (1/16 – 1/25)
      λ = 4052 nm

      REPLY


      Delete
  124. nama : aleandra gracia wijaya
    kelas : 10 mipa 4
    no absen : 4
    sekolah : sman 1 padang

    1.isi teori atom bohr adalah Model atom Bohr berbentuk seperti tata surya, dengan elektron yang berada di lintasan peredaran (orbit) mengelilingi inti bermuatan positif yang ukurannya sangat kecil. Gaya gravitasi pada tata surya secara matematis dapat diilustrasikan sebagai gaya Coulomb antara nukleus (inti) yang bermuatan positif dengan elektron bermuatan negatif.

    2. Rumus:
    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  125. Nama : Nadrian Fathir Rahman
    Kelas : X MIPA 4
    No Absen : 26
    Sekolah : SMAN 1 Padang
    A.Teori atom menurut Bohr adalah elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    1.elektron beredar mengelilingi inti pada lintasan-lintasan (orbit) yg di sebut kulit elektron.
    2.elektron yg beredar pada lintasannya tidak memancarkan energi.
    3.apabila elektron dengan tingkat energi rendah pondah ke lintasan dengan tingkat energi lebih tinggi maka elektron akan menyerap energi,peristiwa ini disebut eksitasi

    2. Deret bracket, m=4
    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  126. fenita kayla azura
    absen 12
    x mipa 4

    1)isi teori atom bohr
    Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.
    Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.
    Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.
    Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.
    2) λ n=4
    Jawab :
    1/λ = R (1/n1^2 - 1/n2^2)
    1/λ = R (1/4^2 - 1/5^2)
    1/λ = R (1/16 - 1/25)
    1/λ = R (25/400 - 16/400)
    1/λ = R (9/400)
    1/λ = (1,097 × 10^7)× 9/400
    λ = 400/ (9×1,097× 10^7)
    λ = (400/9,873)× 10^-7
    λ = 40,515 × 10^-7
    λ = 4051,5 × 10^-9
    λ = 4051,5 nm
    λ = 4052 nm

    ReplyDelete
  127. Assalamualaikum pak ini jawaban saya
    Nama : Miftah rizkina tanjung
    Kelas : X Mipa 4
    No absen : 19
    SMAN 1 Padang

    1.Apa isi teori Bohr ?
    ~ Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi.

    ~ Energi elektron pada orbit tersebut ditentukan oleh jarak elektron terhadap inti atom, semakin jauh dari inti atom energi elektron semakin tinggi.

    ~ Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron.

    ~ Hanya pada orbit dengan tingkat energi tertentu itulah elektron dapat mengelilingi inti atau dengan kata lain tingkat energi terkwantisasi.

    ~Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.

    ~ Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Sedang perpindahan elektron dari tingkat energi rendah ke tinggi disertai penyerapan energi.

    ~ Tingkat energi lintasan elektron tersebut merupakan kelipatan dari suatu bilangan bulat dari 1 sampai dengan tak terhingga yang disebut bilangan kuantum.


    ~ Elektron yang bergerak pada lintasannya berada pada keadaan stasioner, artinya elektron tidak memancarkan atau menyerap energi.


    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!

    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)

    n1 = 4 dan n2= 5

    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  128. Nama=fathan shadiq sarega
    Absen=11
    Mipa x-4
    Sekolah sman 1 padang
    1. Apa isi teori atom bohr?

    Ada 6 poin utama dari teori atom Bohr ini, antara lain :

    1. Elektron dalam atom hidrogen berpuatar di sekitar inti di jalur melingkar tetap memiliki energi yang pasti atau disebut orbit.

    2. Energi elektron pada orbit tersebut ditentukan oleh jarak elektron terhadap inti atom, semakin jauh dari inti atom energi elektron semakin tinggi.

    3. Hanya pada orbit dengan tingkat energi tertentu itulah elektron dapat mengelilingi inti atau dengan kata lain tingkat energi terkwantisasi.

    4. Elektron dapat berpindah dari tingkat energi rendah ke tingkat energi yang lebih tinggi jika menyerap energinya yang cukup.

    5. Elektron dapat berpindah ke tingkat energi yang lebih tinggi ke tingkat energi yang lebih rendah dengan melepaskan energi tertentu.

    6. Tingkat energi lintasan elektron tersebut merupakan kelipatan dari suatu bilangan bulat dari 1 sampai dengan tak terhingga yang disebut bilangan kuantum.

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!

    1/ λ = R ( 1/n1² – 1/n2²)
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10⁷ m)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10⁷(1/4² 1/5²)
    λ max : 4052 nm.

    Terimakasih pak 🙏

    ReplyDelete
  129. Nama: Iqbal Ilhamsyah akmal
    Absen: 40
    X MIPA 4
    SMA N 1 PADANG

    1.Apa isi teori atom bohr?
    Teori Atom Bohr

    Niels Henrik David Bohr menyempurnakan teori atom sebelum – sebelumnya yang sudah ada, teori atom Bohr menjelaskan sebagai berikut :

    1. Atom tersusun dari inti atom yang bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif beredar mengelilingi inti atom

    2. Elektron yang beredar mengelilingi inti atom pada suatu lintasan yang stasioner disebut kulit. Elektron bergerak secara stasioner beredar mengelilingi inti atom dengan jarak tertentu.

    3. Elektron dapat berpindah dari satu kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lainnya. Jika berpindah dari kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lebih tinggi, maka elektron akan menyerap energi yang disebut eksitasi, contoh dari kulit K berpindah ke kulit L. Tetapi jika berpindah dari kulit (lintasan) ke kulit (lintasan) yang lebih rendah, maka elektron akan memancarkan energi yang disebut deeksitasi, contoh dari kulit M berpindah ke kulit L. Peristiwa eksitasi dan deeksitasi yang terjadi disebut transisi elektron.

    Ada pun kelebihan dan kekurangan dari teori Bohr, kelebihan teori Bohr adalah dapat menyempurnakan teori sebelumnya salah satunya teori atom Rutherford dan dapat menjelaskan garis spektrum atau serapan adsorpsi dari atom hidrogen. Selain itu juga dapat menjelaskan elektron yang beredar mengelilingi inti atom mempunyai lintasan dan energi. Jika ingin berpindah dari kulit yang lebih rendah ke lebih tinggi akan menyerap energi, sedangkan dari kulit lebih tinggi ke rendah akan melepaskan energi. Sedangkan kelemahan dari teori Bohr adalah hanya dapat menjelaskan garis spektrum atau serapan adsorpsi dari atom hidrogen tetapi untuk spektrum atom yang lebih kompleks/lebih besar/jumlah elektron lebih banyak Bohr tidak dapat menjelaskannya, ketika elektron mengelilingi inti atom dalam lintasan terbentu bentuk lintasan bukan lingkaran tetapi berbentuk elips, dan Bohr beranggapan elektron bukan hanya sebagai partikel tetapi sebagai partikel dan gelombang.

    2.Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!
    jawab:
    1/ λ = R ( 1/nA2 – 1/nB2 )
    R= Ketetapan Rydberg (1,097 × 10^7 m^−1)
    n= Lintasan luar
    λ= Panjang gelombang
    1/λ = 1, 097 × 10^7 (1/4^2 - 1/5^2)
    λ max : 4052 nm

    ReplyDelete
  130. Assalamualaikum pak.
    Ini jawaban dari Fadhil Satria.
    X MIPA 4.
    NO Absen 9.
    Terima kasih banyak pak.

    Pertanyaan
    1. Apa isi teori atom Bohr?

    2. Tentukan panjang gelombang maksimum pada deret Bracket!

    Jawaban
    1.•Elektron mengorbit inti atom hanya dalam lintasan tertentu.
    •Elektron memiliki energi tertentu pada setiap orbit dan beregerak dalam orbit tanpa meradiasikan energi.
    •Energi hanya diradiasikan ketika elektron berpindah dari suatu orbit ke orbit yang lebih rendah,radiasi ini dipancarkan dalam bentuk photon yang memiliki energi hf=E1-E2 dengan E1=energi yang lebih tinggi dan E2=energi yang lebih rendah.
    •Momentum sudut elektron dalam orbit harus memenuhi keadaan kuantum yaitu L=mvr = nh/2π dengan L=momentum sudut m=massa elektron r=jari jari orbit ke n h=konstanta planck n=bilangan kuantum.
    •Elektron mengelilingi intinya dalam orbit melingkar pada kecepatan tinggi.
    •Model atom Bohr menyertakan gagasan tentang gerakan elektron dalam orbit melingkar, namun ia memasukkan syarat yang ketat. Tiap elektron dalam atom hidrogen hanya dapat menempati orbit tertentu. Karena tiap orbit memiliki orbit tertentu, energi yang berkaitan dengan gerakan elektron pada orbit yang diizinkan harus mempunyai nilai yang konstan atau terkuantisasi.
    2.Diketahui=
    •n1=4
    •n2=5
    •R(konstant Rydberg)=1,097×10⁷
    Dijawab=
    1/λ= R(1/n1² - 1/n2²)
    1/λ= 1,097x10⁷ (1/4² - 1/5²)
    1/λ= 1,097x10⁷ m–¹(1/16 - 1/25)
    1/λ= 1,097x10⁷ m–¹(25/400 - 16/400)
    1/λ= 1,097x10⁷m–¹(9/400)
    λ = 400 m/9x1.097x10⁷
    λ = 40,52 m x 10–⁷
    λ = 4052 nm

    ReplyDelete
  131. Nama : Muhammad Falah Marzuq
    Kelas : X MIPA 4
    Sekolah : SMA Negeri 1 Padang

    1. Elektron mengelilingi inti atom pada orbit tertentu. Elektron dapat berpindah dari tingkat orbit satu ke tingkat orbit lain. Perpindahan dari orbit yang berenergi rendah ke tinggi (eksitasi) menyerap energi, sedangkan perpindahan elektron dari orbit yang berenergi tinggi ke rendah (deeksitasi) memancarkan energi.

    2. Panjang gelombang maksimum deret brackett = 1459 nm

    ReplyDelete
  132. Nama : Nadia Hana Yosta
    Kelas. : X MIPA 4
    1. Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, tidak memancarkan energi. Lintasan-lintasan elektron itu disebut kulit atau tingkat energi elektron. Energi diradiasikan pada saat elektron berpindah ke orbit yg lbh rendah. Momentum sudut elektron dalam orbit harus memenuhi keadaan kuantum.
    2. 1/lamda = 1,097×10⁷(1/4² - 1/5²) =4052 nm

    ReplyDelete
  133. Nama: Aulia Anarolin Putri
    kelas: X MIPA 4
    absen: 6
    1. Isi teori atom bohr adalah elektron beredar mengelilingi inti atom dengan tingkat-tingkat energi tertentu dan berpindah dengan dua cara yaitu menyerap energi sehingga elektron berpindah ke lintasan yang lebih tinggi atau luar. yang kedua dengan membebaskan energi sehingga elektron tersebut berpindah ketingkat yang lebih rendah atau lebih dalam

    2. 1/λ= R (1/n1^2-1/n2^2)
    1/λ= 1.097 (1/4^2-1/5^2)
    λ max = 4052 nm

    ReplyDelete
  134. Nama: Raditya Pangestu
    Kelas:X MIA 1
    Absen:27
    Sekolah:SMA Negeri 1 Padang

    1.-Elektron dalam atom hidrogen berpuatar di sekitar inti di jalur melingkar tetap memiliki
    energi yang pasti atau disebut orbit.
    -Energi elektron pada orbit tersebut ditentukan oleh jarak elektron terhadap inti atom, semakin
    jauh dari inti atom energi elektron semakin tinggi.
    -Hanya pada orbit dengan tingkat energi tertentu itulah elektron dapat mengelilingi inti atau
    dengan kata lain tingkat energi terkwantisasi.
    -Elektron dapat berpindah dari tingkat energi rendah ke tingkat energi yang lebih tinggi jika
    menyerap energinya yang cukup.
    -Elektron dapat berpindah ke tingkat energi yang lebih tinggi ke tingkat energi yang lebih
    rendah dengan melepaskan energi tertentu.
    -Tingkat energi lintasan elektron tersebut merupakan kelipatan dari suatu bilangan bulat dari
    1 sampai dengan tak terhingga yang disebut bilangan kuantum.

    2.jawab:
    1/lamda= R (1/n1^2-1/n2^2)
    1/lamda= 1.097 (1/4^2-1/5^2)
    lamda max = 4052 nm


    Terimakasih pak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PERSAMAAN TERMOKIMIA

TEORI ATOM DALTON