TEORI ATOM DALTON

 1. Demokritus (Abad ke-5 SM, asal Yunani)

    Demokritus mengungkapkan keyakinannya bahwa semua materi terdiri atas partikel yang sangat kecil dan tak dapat dibagi lagi. Demokritus menyebutnya atomos (tak dapat dibelah atau dibagi). Walaupun gagasan Demokritus tak dapat dierima oleh kebanyakan rekan-rekannya (khususnya plato dan Aristoteles), ternyata gagasan ini tetap bertahan. Bukti percobaan yang diperoleh dari penyelidikan ilmiah pada waktu itu mendukung konsep atomsme ini dan secara bertahap menghasilkan definisi moderen tentang unsur dan senyawa.

2. John Dalton (1808, asal Inggris)

    Hasil karya John Dalton menandai era modern dalam bidang kimia. Hipotesis tentang sifat materi yang merupakan landasan teori atom Dalton dapat dirangkum sebagai berikut:

(1). Unsur tersusun atas partikel yang sangat kecil, yang disebut dengan atom. Semua atom unsur                   tertentu adalah identik yaitu mempunyai ukuran, massa dan sifat kimia yang sama. Atom suatu               unsur tertentu berbeda dari semua atom unsur yang lain.

(2). Senyawa tersusun atas atom-atom dari dua unsur atau lebih. Dalam setiap senyawa, perbandingan           antara jumlah atom dari setiap dua unsur yang ada bisa merupakan bilanga bulat atau pecahan                 sederhana.

(3). Yang terjadi dalam reaksi kimia hanyalah pemisahan, penggabungan atau penyusunan ulang atom-         atom. Reaksi kimia tidak mengakibatkan penciptaan atau pemusnahan atom-atom

    Konsep atom Dalton jauh lebih rinci dan spesifik dibandingkan dengan konsep Demokritus. Hipotesis pertama menyatakan bahwa atom dari unsur-unsur yang satu berbeda dari atom semua unsur yang lain. dalton tidak mencoba untuk mengambarkan struktur atau susunan atom-atom. dia tidak mempunyai gambaran seperti apa sebenarnya tom itu. tetapi dia menyadari bahwa perbedaan sifat yang ditunjukkan oleh unsur-unsur seperti hidrogen dan oksigen dapat dijelaskan dengan mengasumsikan bahwa atom-atom hidrogen dengan atom-atom oksigen.
    Hipotesis kedua menyatakan bahwa untuk membentuk suatu senyawa, kita tidak hanya mebutuhkan atom dari unsur-unsur yang sesuai, tetapi juga jumlah yang spesifik dari atom-atom ini. gagasan ini merupakan perluasan dari suatu hukum yang dipublikasikan pada tahun 1799 oleh seorang kimiawan Perancis Josep Proust yakni Hukum Perbandingan Tetap (law of definite proportion). Proust menyatakan bahwa sampel-sampel yang berbeda dari senyawa yang sama selalu mengandung unsur-unsur penyusunnya dengan perbandingan massa yang sama. Jadi, seandainya kita harus menganalisa sampel gas karbon dioksida yang diperoleh dari sumber yang berbeda, kita akan menemukan perbandingan massa karbon dan oksigen yang sama dari setiap sampel. Maka jelas bahwa jika perbandingan massa unsur-unsur yang berbeda dalam suatu senyawa tertentu adalah tetap, maka perbandingan atom-atom dan unsur-unsur ini dalam senyawa itu haruslah tetap. 
    Hipotesis kedua dalton juga mendukung satu hukum penting lainnya, hukum perbandingan berganda (law of multiple proportion). Menurut hukum ini, jika dua unsur dapat bergabung membentuk lebih dari satu senyawa, maka massa-massa dari unsur yang pertama dengan suatu massa tetap dari unsur yang kedua akan berbanding sebagai bilanga bulat yang kecil. Teori atom Dalton menjelaskan hukum perbandingan berganda secara sederhana. Senyawa mempunyai perbedaan dalam hal jumlah atom-atom yang bergabung. Misalnya, karbon membentuk dua senyawa stabil dengan oksigen, yaitu karbon monoksida dan karbon dioksida. Teknik pengukuran modern menunjukkan bahwa satu atom karbon bergabung dengan satu atom oksigen dalam karbon monoksida dan satu atom karbon bergabung dengan dua atom oksigen dalam karbon dioksida. jadi perbandingan oksigen dalam karbon monoksida dengan oksigen dalam karbon dioksida adalah 1:2. hasil ini sesuai dengan hukum perbandingan berganda.


karbon monoksida
karbon dioksida

                         Gambar 2. Ilustrasi Hukum Perbandingan Berganda. Perbandingan oksigen 
                         dalam karbon monoksida dengan oksigen dalam karbon dioksida adalah 1:2

    Hipotesis ketiga Dalton adalah cara lain untuk mendukung hukum kekekalan massa (law of consrvation mass)., yaitu materi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan..Karena materi tersusun atas atom-atom yang tidak berubah, dalam suatu reaksi kimia dasar, maka massa juga harus kekal. pandangan dalton yang cemerlang tentang sifat materi merupakan faktor pendorong utama pesatnya perkembangan kimia selama abad ke-19. 

Rreferensi:

1. Jespersen, Neil D. 2012. Chemistry: The Molecular Nature of Matter. Sixth Edition. New York: St John's University

2. Chang, raymon. 2008. General Chemistry: The Essential Concepts. Fifth Edition. New York: Mc Graw Hill


Comments

  1. Assalamualaikum pak, saya muthya zahra kls x mipa 2 absen 25. Dari pernyataan diatas,Saya dapat menyimpulkan bahwa atom merupakan partikel yang sangat kecil dalam sebuah materi dan tidak dapat dibagi lagi.

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum pak, saya Naila Nurul Afifah kelas X MIA 4 no absen 27 pak, dari materi teori hukum dalton di atas dijelaskan tentang konsep atom democritus yg seauai dengan hukum kekekalan massa dan hukum petbandiangan energi

    ReplyDelete
  3. Saya Muthia Lathifah Zain no absen 24 sudah membaca nya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan saya menyimpulkan bahwa menurut demokritus bahwa semua partikel materi terdiri dari partikel yang tidak bisa di bagi lagi. Swdang kan menurut jonh dalton jauh lebih rinci dan spesifik di banding kan konsep demokritus,yang di jelas melalui beberaoa hipotesis,salah satu nya,bahwa atom dengan unsur yang satu berbeda dengan atom dengan unsur yang lain.

      Delete
  4. aleandra gracia wijaya suda membaca pak , terimakasii materi nya pak

    ReplyDelete
  5. Kemal Syahrezaa sudah membaca pak, terima kasih materi nya pka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum pak,saya sudah membaca pak,terimakasih materinya pak🙏

      Delete
  6. Assalamualaikum pak, saya rizka fitra hayati dari kelas X mipa 3 ,akan memberikan kesimpulan atas materi di atas pak.
    Menurut demokritus(abad ke 5 SM ,berasal dr yunani) mengungkapkan semua terdiri dari atas partikel yg sangat kecil dan tidak dpt di bagi lagi.
    menurut john dalton(1808 asal inggris) merangkum landasan teori atom dalton sebagai berikut:
    1.unsur tersusun atas partikel yg sangat kecil yg disebut dg atom.
    2.senyawa tersusun atas atom atom dari dua unsur atau lebih.
    3.yg terjadi dalam reaksi kimia hanyalah pemisahan, penggabungan atau penyusunan ulang atom atom.
    Sekian dari saya terimakasih banyak,asalamualaikum wr wb pak.

    ReplyDelete
  7. Saya Putri Aulia Hasanah no absen 32 sudah membaca materinya pak, terimakasih pak

    ReplyDelete
  8. Assalamu'alaikum pak,saya muhammad jordy alfayed dari X mipa 2,mendapati informasi dari paparan diatas, bahwa atom merupakan objek terkecil didunia ini yang materinya tidak dapat diubah ubah serta tidak dapat dimusnahkan teori ini disebut dengan teori ketiga dalton yg berbunyi hukum kekekalan massa atau law of conservation mass

    ReplyDelete
  9. assalamualaikum pak, M. Luthfi Ghivary hadir pak

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum pak,saya Andhira Berliani Hsb,kelas 10 mipa 4,Dari materi di atas saya menyimpulkan bahwa atom dalton di rangkum sebagai unsur tersusun atas partikel yg sangat kecil dan senyawa tersusun atas atom atom dari 2 unsur atau lebih,kemudian atom merupakan partikel yang sangat kecil dalam sebuah materi dan tidak dapat dibagi lagi.

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum pak...ini Komentar Orion Beryl Yonaniko.Kelas X MIPA 4.No absen 30

    Materi yang disampaikan sangat jelas dan bahasa yang digunakan sangat mudah untuk dipahami

    ReplyDelete
  12. Assalamu'alaikum pak, saya Najwa Febryla Adyta kelas X MIPA 3 no absen 27.Konsep atom Dalton jauh lebih rinci dan spesifik dibandingkan dengan konsep Demokritus. Demokritus mengungkapkan keyakinannya bahwa semua materi terdiri atas partikel yang sangat kecil dan tak dapat dibagi lagi. 

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum pak, saya Rezky Aulyya Nisa dari kelas X MIA 1 No absen 30, saya udh baca materi nya pak

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum pak,saya Alia putri sandri absen nomor 3 dari kelas 10 mipa 1 sudah membaca materi atom diatas,terimakasih materinya pak

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum pak, saya Fisti Syafarani dari kelas X MIPA 4, no absen 13 pak. Kesimpulan yang dapat saya ambil ialah atom adalah bagian terkecil dari materi yang tidak dapat dibagi lagi dan atom-atom itu dapat bergabung membentuk molekul.

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum pak,Dion Hibaturrahman sudah membaca materinya,terimakasih atas materinya pak

    ReplyDelete
  17. assalamualaikum pak,saya Tivella Zana Pracanda dari kelas X MIPA 3, No absen 38 sudah membaca materi yg bapak kirim, terimakasih pak

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum pak, saya Nadrian Fathir Rahman kelas X MIPA 4 , NO Absen26
    Kesimpulan Model Atom Dalton, adalah
    : Materi tersusun atas partikel-partikel sangat padat dan kecil yang tidak dapat dipecah-pecah lagi. Partikel itu dinamakan atom. ... Atom dapat bergabung dengan atom lain membentuk suatu molekul dengan perbandingan sederhana.

    ReplyDelete
  19. assalamualaikum pak,devrisa harsika rafi(10) X mipa 2 sudah membaca materinya, terimakasih atas materinya pak

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum pak,saya hafizhah arini dari kelas X MIPA 3 no absen (13) sudah selesai membaca materinya pak.terima kasih pak

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum pak
    Ahmad Abiyyu Putra Wijaya
    X MIPA 1 absen n.1
    Yang dapat saya simpulkan adalah
    Atom adalah partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi
    Dan materi diatas menjelaskan tentang teori atom dalton (diambil dari nama penemunya John Dalton)
    Maaf jika ada kesalahan
    Terimakasih pak

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum pak saya Muhammad Alghifary Adha absen 17 dari kelas Xmipa1 sudah membaca materinya pak

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum pak,Della Khairunnisa dari kelas X MIPA 1 Pak.
    Dari materi teori atom delton tersebut pendapat pertama dari Demokritus yang menyebut atom sebagai atomos(tak dapat dibelah/dibagi).
    yg kedua pendapat jonh dalton,yg konsep dalton nya jauh lebih spesifik dari konsep demokritus,senhingga menghasilkan berbagai hipotesis.Terimakasih materinya pak,wassalam pak.

    ReplyDelete
  24. assalamualaikum pak, saya nadia gusti mirandha(29) kelas 10 MIA 2 pak. Dari materi tersebut dpt disimpulkan bahwa atom adalah pertikel terkecil dari sebuah materi yang tidak dapat dibagi lagi. Dan konsep atom dalton lebih spesifik dibandingkan konsep demokritus

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaikum pak..saya Muhammad Adryan Rusdiana absen 23 dari kelas 10 MIA 2 pak. Setelah saya membaca materi tersebut dpt disimpulkan bahwa atom adalah partikel terkecil dari sebuah materi yang tidak dapat dibagi lagi. Dan konsep atom dalton lebih spesifik dibandingkan konsep demokritus.Sehingga menghasilkan berbagai macam hipotesis sekian pak. waalaikumsalam Wrb.

      Delete
  25. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh pak, Saya Muhammad Zhefa RAHMADAN no.absen 24 kelas 10 MIA 3 pak. . Dari materi tersebut dpt disimpulkan bahwa atom adalah pertikel terkecil dari sebuah materi yang tidak dapat dibagi lagi. Dan konsep atom dalton lebih spesifik dibandingkan konsep demokritus. Terimakasih pak..

    ReplyDelete
  26. Assalamualaikum wr wb pak saya putri felisha nabila dari x mipa 4 pak,dari materi diatas yg telah saya baca.saya menyimpulkan bahwa Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil Atom meruakan partikel kecil yang tidak dapat dibagi lagi Atom suatu unsur sama memiliki sifat yang sama, sedangkan atom unsur berbeda, berlainan dalam massa dan sifatnya.sekian dari saya pak,assalamualaikum wr wb pak.

    ReplyDelete
  27. Assalamualaikum pak, zahwa fachreza kelas x mia 1 no absen 39 kesimpulan nya menurut demokritus semua materi terdiri atas partikel yang sangat kecil dan tak dapat dibagi lagi. Demokritus menyebutnya atomos (tak dapat dibelah atau dibagi). Menurut jhon dalton Unsur tersusun atas partikel yang sangat kecil, yang disebut dengan atom.Konsep atom dalton lebih rinci dan spesifik di banding dgn konsep demokritus sekian wassalamualaikum

    ReplyDelete
  28. assalamualaikum pak saya rafeyfa asyla dari kelas 10 mipa 1 sudah membaca materinya pak

    ReplyDelete
  29. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh pak, saya Meysha Khalisa Humaira no absen 15 dari kelas X MIPA 1. Kesimpulan pada materi di atas adalah Materi yang tersusun atas partikel-partikel sangat padat dan kecil yang tidak dapat dipecah-pecah lagi itu dinamakan atom.
    Atom-atom suatu unsur identik dalam segala hal, tetapi berbeda dengan atom-atom unsur lain.
    Terima kasih materinya pak, Wassalamu'alaikum warahmatullahiwabarakatuh pak

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum pak,nama saya M.Rafi Hamda Putra dari x mipa 2 absen 20
    Kesimpulan saya bahwa
    menurut demokritus adalah semua materi mempunyai oartikel kecil yg tidak daoat dipisihkan atau dibagi yg disebut sebagai atamos
    Menurut john dalton ada 3 rangkuman pokok yaitu
    1.Unsur terdiri atas paryikel kecil yg disebut dg atom
    2. Senyawa terdiri atas 2 atom atau lebih
    3.Reaksi kimia hanya merubah mengukang atom tanpa memusnahkan atau menciptkan atom
    Pendaoat dalton mendorong perkembangan kimia pada abad ke 19
    Terdapat 3 hipotesis
    Makasih pak

    ReplyDelete
  31. Assalammualaikum pak,saya Karin Asril absen 11 dari kelas X MIPA 1 sudah membaca materinya pak

    ReplyDelete
  32. assalamualaikum pak saya Ratukhansa Salsabila (X-MIPA 3) (absen 33) sudah membaca materinya pak dan kesimpulannya:

    menurut demokritus bahwa semua materi terdiri atas partikel yang sangat kecil dan tak dapat dibagi lagi. Demokritus menyebutnya atomos (tak dapat dibelah atau dibagi). Sedangkan
    Konsep atom Dalton jauh lebih rinci dan spesifik dibandingkan dengan konsep Demokritus. Hipotesis pertama menyatakan bahwa atom dari unsur-unsur yang satu berbeda dari atom semua unsur yang lain.

    terimakasih pak🙏

    ReplyDelete
  33. Assalamualaikum Pak , Saya Az Zahra Fatimah dari Xmipa3 absen no 04 pak , dari rangkuman tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa atom tidak bisa dibagi lagi karena atom merupakan partikel terkecil. dan saya juga dapat menyimpulkan bahwa teori atom dalton lebih spesifik dan lebih luas cangkupan nya dibandingkan dengan konsep demoktrikus. Terimakasih pak.

    ReplyDelete
  34. Assalamu'alaikum pak, Muhammad Falah Marzuq dari kelas X MIPA 4 hadir pak. Terima kasih
    atas materinya pak.

    ReplyDelete
  35. Assalamu'alaikum pak edi maaf mengganggu pak,saya talitha casandra dari kls X mia 3 pak.dari materi diatas dapat disimpulkan bahwa atom adalah partikel terkecil dari sebuah materi yg tidak dapat dibagi lagi ada banyak pendapat para ahli mengenai konsep atom ini contohnya seperti demokritus dan jonh dalton

    ReplyDelete
  36. Assalamualaikum pak,saya excellence nachua absen no 9 kelas x mia 3 hadir pak

    ReplyDelete
  37. Assalamualaikum pak saya muhammad farrel fadhlan dari x mipa 4 saya sudah membaca materinya pak dapat disimpulkan bahwa atom adalah unit terkecil atau partikel terkecil yg tidak dapat dibagi lagi

    ReplyDelete
  38. Assalammualaikum pak, saya Adinda Aqilla Amalia dari kelas X MIPA 3.Kesimpulan yang dapat saya ambil yaitu
    -menurut demokritus : semua materi terdiri atas partikel yang sangat kecil dan tidak dapat dibagi lagi
    -menurut john dalton : unsur tersusun atas partikel yang sangat kecil disebut atom, senyawa terdiri atas atom dengan dua unsur / lebih , yang terjadi pada reaksi kimia hanya pemisahan, penggabungan , dan penyusunan ulang atom-atom.
    Terima kasih pak, wassalammualaikum

    ReplyDelete
  39. Assalamualaikum pak, saya halima bratislava dari kelas X MIA 2. Dari materi diatas yg dapat saya simpulkan adalah :
    Be
    1. Menurut pendapat demokritus(berasal dr yunani) menjelaskan segala hal terdiri dari atas partikel yg sangat kecil dan partikel tersebut tidak dpt di bagi lagi.

    2. menurut john dalton (asal inggris) mengatakan landasan teori atom dalton adalah sebagai berikut:
    - unsur tersusun atas partikel yg sangat kecil atau yg biasa disebut atom.
    - senyawa terdiri atas atom dari minimal dua unsur atau lebih.
    - apa yg terjadi di dalam reaksi kimia hanyalah pemisahan, penggabungan atau penyusunan kembali atom - atom.
    3.Josep Proust (ilmuwan asal prancis) memperluas gagasan yaitu :
    - Hukum Perbandingan Tetap (law of definite proportion )
    - hukum perbandingan berganda (law of multiple proportion)
    Sekian kesimpulan dan rangkuman dari saya, terima kasih, asalamualaikum wr wb pak.

    ReplyDelete
  40. Assalammu'alaikum pak, saya Nivanda Nilam Sari kelas X.MIPA 2 yang dapat saya simpulkan dari materi di atas adalah Konsep atom Dalton lebih rinci dan spesifik dibandingkan dengan konsep Demokritus. Hipotesis tentang sifat materi yang merupakan landasan teori atom Dalton dapat dirangkum:
    1. Unsur tersusun atas partikel yang sangat kecil, yang disebut dengan atom
    2. Senyawa tersusun atas atom atom dari dua unsur atau lebih
    3. Yang terjadi dalam kimia hanyalah pemisahan,penggabungan atau penyusunan ulang atom atom.
    Sedangkan Demokritus mengungkapkan keyaninannya bahwa semua materi terdiri atas partikel yang sangat kecil dan tak dapat dibagi lagi.
    Ada 3 hukum yang di publish pada tahun 1799 oleh seorang kimiawan Prancis 'Josep Proust' yaitu Hukum perbandingan tetap, Hukum perbandingan berganda,Hukum kekekalan masa.

    ReplyDelete
  41. Assalamualaikum pak, saya Fikri Deli Al Khairi dari kelas X MIPA 3, no.absen
    (12 )sudah membaca materi yang bapak kirim, terimakasih pak.

    ReplyDelete
  42. Assalamualaikum pak, saya amara callista dari kelas X MIPA 3. Saya sudah membaca materinya pak. Kesimpulannya menurut saya adalah Demokritus mengungkapkan keyakinannya bahwa semua materi terdiri atas partikel yang sangat kecil dan tak dapat dibagi lagi dan disebut atomos. Sedangkan menurut john dalton adalah :
    (1). Unsur tersusun atas partikel yang sangat kecil, yang disebut dengan atom.
    2). Senyawa tersusun atas atom-atom dari dua unsur atau lebih
    (3). Yang terjadi dalam reaksi kimia hanyalah pemisahan, penggabungan atau penyusunan ulang atom- atom
    Konsep atom Dalton jauh lebih rinci dan spesifik dibandingkan dengan konsep Demokritus.
    Terimakasih pak atas materinya pak, mudah untuk dipahami🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  43. Assalamualaikum pak, nama saya Mutiara Indah Lestari no absen 26 dari kelas X MIPA 2 pak, saya "hadir" pak

    Kesimpulan dari materi yang saya baca adalah atom dalton terbagi menjadi 2:
    1. Menurut demokritus, menurutnya ayom merupakan materi yang teridiri atas partikel kecil yang tak bisa dibagi lagi
    2. Menurut John Dalton atom adalah unsur yang tersusun atas partikel yang sangat kecil, senyawa tersusun dari dua atom atau lebuh dan juga mengungkapkan bahwa yang terjadi dalam reaksi kimia hanya pemisahan dan penggabungan atom-atom

    Jadi perbedaan kedua pendapat adalah
    Konsep atom Dalton jauh lebih rinci dan spesifik dibandingkan dengan konsep Demokritus.

    Terimakasih pak

    ReplyDelete
  44. Assalamualaikum pak,saya Rizky Ferdiansyah Hanif dari kelas X MIPA 3(35)menyimpulkan bahwa teori atom dicetus pertama kali oleh Demokritus yang menjelaskan kata atomos.Menurutnya atomos adalah sesuatu yang tidak dapat dibagi.Namun teori ini disempurnakan oleh John Dalton yang bergagasan bahwa atom merupkan suatu unsur terkecil yang tidak bisa dibagi lagi.Dalton mengungkapkan argumennya melalui percobaan lavoiser.

    ReplyDelete
  45. Assalamualaikum pak, saya Luthfiani Afifah dari kelas X MIPA 3 no absen 19, dari materi diatas tentang teori atom dalton.
    Ada 2 pendapat ahli yaitu Demokritus dan John Dalton.
    •Demokritus menyatakan bahwa materi terdiri atas partikel yg sangat kecil tidak dapat terbagi lagi, namun tak dapat di terima oleh rekannya.
    • Dalton menyatakan bahwa:
    1. Unsur tersusun atas partikel yang sangat kecil, yang disebut atom.
    2. Senyawa tersusun atas atom atom dari 2 unsur atau lebih.
    3. Yang terjadi dalam reaksi kimia hanyalah pemisahan, penggabungan,dan penyusunan ulang.

    Konsep dalton lebih rinci dan diterima dari pada demokritus.
    -Hipotesis pertama menyatakan bahwa atom dari unsur yang satu berbeda dari atom semua unsur yang lain.
    -Hipotesis kedua menyatakan bahwa untuk membentuk suatu senyawa, kita tidak hanya membutuhkan atom dari unsur sesuai, tapi jumlah yang spesifik dari atom (hukum perbandingan tetap). Dalton juga mendukung bahwa dua unsur dapat bergabung membentuk lebih dari 1 senyawa (hukum perbandingan ganda)
    -Hipotesis ketiga menyatakan bahwa materi tidak dapat dimusnahkan/diciptakan (hukum kekekalan massa)

    Itu saja pak yang dapat saya simpulkan,terima kasih pak, wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  46. Terimakasih atas materinya, pak. Materinya jelas dan mudah dipahami. Dari materi di atas, saya memahami tentang teori atom democritus dan teori atom dalton,serta hipotesisnya. Saya menjadi lebih mantap setelah membaca materi ini. (Mhd. Khalil, no absen 18,kelas X mipa 4)

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum pak saya Qaanitah Yusna Aztris absen 32 X MIPA 4,pelajaran diatas mudah dimengerti pak, terima kasih pak

    ReplyDelete
  48. Nabil Hidayatullah kelas x mipa 2 absen 27 hadir Pak ,Dan saya menyimpulkan menurut :
    1.Demokritus bahwa atom merupakan materi Yang terdiri atas partikel kecil Yang tidak bisa dibagi lagi
    2.jhon Dalton atom adalah unsur Yang tersusun atas partikel Yang sangat kecil ,senyawa tersusun Dari dua atom atau lebih Dan juga mengungkapkan bahwa Yang terjadi Dalam reaksi kimia hanya pemisahan Dan penggabungan atom atom

    Jadi perbedaan kedua pendapat tersebut adalah konsep atom Dalton lebih rinci Dan spesifik dibandingkan dengan konsep Democritus


    Terimaksih pak

    ReplyDelete
  49. assalamualaikum pak, saya rezky yevandrest bantar pakk abseb 33. Dari materi di atas dapat di simpulkan bahwa atom adalah partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi, teori atom juga di perkenalkan oleh dua ilmuan yaitu dalton dan demokritus yang pada akhirnya teori atom di kembangkan lebih spesifik oleh dalton.
    Terima kasih pakk🙏

    ReplyDelete
  50. Assalamualaikum pak,saya Aisha tsuraya hedwar kelas X MIPA 4.
    Menurut John dalton
    (1). Unsur tersusun atas partikel yang sangat kecil, yang disebut dengan atom, mempunyai ukuran, massa dan sifat kimia yang sama.
    (2). Senyawa tersusun atas atom-atom dari dua unsur atau lebih.
    (3). Yang terjadi dalam reaksi kimia hanyalah pemisahan, penggabungan atau penyusunan ulang atom-atom.
    Terimakasih pak

    ReplyDelete
  51. assalamualaikum pak.
    keysha azzahra absen 17
    kelas 10MIPA4
    menyimpulkan tiga hepotesis dalton. Hipotesis pertama menyatakan bahwa atom dari unsur-unsur yang satu berbeda dari atom semua unsur yang lain. Hipotesis kedua menyatakan bahwa untuk membentuk suatu senyawa, kita tidak hanya mebutuhkan atom dari unsur-unsur yang sesuai, tetapi juga jumlah yang spesifik dari atom-atom ini. Hipotesis ketiga Dalton adalah cara lain untuk mendukung hukum kekekalan massa (law of consrvation mass).
    terimakasih pak

    ReplyDelete
  52. assalamualaikum pak
    keysha azzahra absen 17 kelas 10MIPA4 menyimpulkan tiga hipotesis dalton. Hipotesis pertama menyatakan bahwa atom dari unsur-unsur yang satu berbeda dari atom semua unsur yang lain. Hipotesis kedua menyatakan bahwa untuk membentuk suatu senyawa, kita tidak hanya mebutuhkan atom dari unsur-unsur yang sesuai, tetapi juga jumlah yang spesifik dari atom-atom ini.
    Hipotesis ketiga Dalton adalah cara lain untuk mendukung hukum kekekalan massa (law of consrvation mass).
    terimakasih pak

    ReplyDelete
  53. Assalamualaikum pak, saya alika fathiinah rianto dari kelas x mipa 2, setelah membaca materi yang bapak berikan, saya menyimpulkan bahwa atom adalah partikel paling kecil sehingga tidak dapat di bagi lagi, konsep yang di jelaskan pada materi tersebut adalah teori atom dalton, yang lebih spesifik dibanding teori demokritus, sehingga menimbulkan lebih banyak hipotesis, sekian dari saya pak, terima kasih atas materinya pak

    ReplyDelete
  54. Assalamualaikum pak,saya Nabila Maharani dari kls X MIPA 2,no.absen 28.sudah membaca materi yang bapak berikan.terima kasih pak

    ReplyDelete
  55. Assalamu’alaikum pak,saya Shahnaz Frian Callista (36) dari kelas X MIPA 2 sudah membaca materinya pak,terimakasih pak🙏

    ReplyDelete
  56. Assalamualaikum pak,Arya Rahmad Maulana kelas X MIPA 2 hadir pak dan sudah membacanya pak
    Terima kasih atas materi yg bapak berikan

    ReplyDelete
  57. Assalamualaikum pak,saya Faiza Rahma Syarita absen 10 X MIPA 4 menyimpulkan bahwa atom menurut demokratis bahwa atom adalah bagian terkecil dari unsur dan tidak dapat dibagi lagi. Setelah dianalisis ternyata atom menurut Delton lebih spesifik dibandingkan menurut demokritus.karena penelitian inilah terhasilkan banyak hipotesis yang menjelaskan tentang perincian atom.

    ReplyDelete
  58. Assalamualaikum pak, saya Riffana Irdelia Putri dari 10 MIPA 1 pak, yg dapat saya simpulkan dari materi tersebut yaitu atom adalah partikel terkecil yg tidak dapat dibagi lagi. dan atom dapat terbentuk menjadi molekul. Terimakasih materinya pak.

    ReplyDelete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. Assalamualaikum pak,saya Tomy Gunawan Adinata no absen 39 kelas X MIPA 2

    Kesimpulan yang dapat di ambil yaitu atom adalah materi sangat kecil yang sudah tidak dapat di bagi lagi konsep atom menurut dalton lebih spesifik dari pada konsep atom menurut Demokritus

    ReplyDelete
  61. assalamualaikum pak. saya Syarifa Sahira Salsabila (36) dari kelas X MIA 3 pak. saya sudah membaca materi yang bapak berikan tentang "Teori Atom Dalton" pak. berikut kesimpulan yang dapat saya ambil pak.

    demokritus : semua materi terdiri atas partikel yang sangat kecil dan tak dapat dibagi lagi.

    john dalton :
    1. unsur tersusun atas partikel yang sangat kecil, yang disebut dengan atom.
    2. senyawa tersusun atas atom-atom dari dua unsur atau lebih.
    3. yang terjadi dalam reaksi kimia hanyalah pemisahan, penggabungan atau penyusunan ulang atom-atom.

    terimakasih atas materinya pak. wassalamualaikum pak.

    ReplyDelete
  62. Assalamualaikum wr wb pak nama saya putri felisha nabila dari kelas x mipa 4 pak,dari materi yg saya baca di atas kesimpulan saya adalah Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil Atom meruakan partikel kecil yang tidak dapat dibagi lagi Atom suatu unsur sama memiliki sifat yang sama, sedangkan atom unsur berbeda, berlainan dalam massa dan sifatnya.terima kasih pak,assalamualaikum wr wb pak

    ReplyDelete
  63. Assalamualaikum pak,saya Faiza nur aulia kelas X MIA 2 pak sudah membaca materinya pak,terimakasih pak

    ReplyDelete
  64. assalamualaikum pak. saya Syarifa Sahira Salsabila (36) dari kelas X MIA 3 pak. saya sudah membaca materi yang bapak berikan tentang "Teori Atom Dalton" pak. berikut kesimpulan yang dapat saya ambil pak.

    demokritus : semua materi terdiri atas partikel yang sangat kecil dan tak dapat dibagi lagi.

    john dalton :
    1. unsur tersusun atas partikel yang sangat kecil, yang disebut dengan atom.
    2. senyawa tersusun atas atom-atom dari dua unsur atau lebih.
    3. yang terjadi dalam reaksi kimia hanyalah pemisahan, penggabungan atau penyusunan ulang atom-atom.

    terimakasih atas materinya pak. wassalamualaikum pak.

    ReplyDelete
  65. Assalamu'alaikum pak, ini Nafira Najla dari kelas xMIA1 nomor absen no.25. Jadi kesimpulan dari materi diatas adalah :
    1.) teori atom dari Demokritus menyatakan semua materi tersusun atas partikel-partikel yg sangat kecil dan tidak dapat dibagi lagi. Partikel itu dinamakan "atomos"
    2.) teori atom dari John Dalton menyatakan:
    - unsur-unsur tersusun atas partikel yg sangat
    kecil yg disebut atom
    - senyawa adalah susunan atom dari
    pergabungan dua unsur atau lebih
    - pergabungan, pemisahan, atau penyusunan
    atom-atom disebut reaksi kimia
    Pendapat saya dari materi diatas adalah teori atom Dalton lebih spesifik dan lebih jelas daripada teori atom Demokritus. Itulah penjelasan saya, mohon maaf kalau ada kesalahan pak, terimakasih pak

    ReplyDelete
  66. Assalamualaikum pak, saya Najla Shabrina Aulia dari X MIPA 3 sudah membaca materinya pak. Terima kasih pak

    ReplyDelete
  67. Halo pak, saya Kezia Valerina Damanik(12) dari kelas X MIPA 1. Kezia sudah membaca materinya pak, terimakasih atas materinya yaa pak:)

    ReplyDelete
  68. Halo pak, saya Kezia Valerina Damanik dri kelas X MIPA 1 sudah membaca materinya pak, terimakasih ya pak:)

    ReplyDelete
  69. Assalamualaikum pak, saya Aliyya putri mahendra (3) kelas Xmipa2 pak, menurut saya kesimpulan yang didapatkan dari materi diatas adalah:
    Menurut demokritus semua materi terdiri dari partikel yang sanagat kecil dan tidak dapat dibagi lagi atau disebut atomos,
    Sedangkan menurut john dalton konsep atom jauh lebih rinci dan spesifik dari demokritus yaitu
    (1). Unsur tersusun atas partikel yang sangat kecil, yang disebut dengan atom. Semua atom unsur        tertentu adalah identik yaitu mempunyai ukuran, massa dan sifat kimia yang sama. Atom suatu unsur tertentu berbeda dari semua atom unsur yang lain.
    (2). Senyawa tersusun atas atom-atom dari dua unsur atau lebih. Dalam setiap senyawa, perbandingan antara jumlah atom dari setiap dua unsur yang ada bisa merupakan bilanga bulat atau pecahan sederhana.
    (3). Yang terjadi dalam reaksi kimia hanyalah pemisahan, penggabungan atau penyusunan ulang atom-atom. Reaksi kimia tidak mengakibatkan penciptaan atau pemusnahan atom-atom.
    Sekian, terima kasih atas materinya pak..

    ReplyDelete
  70. Assalamu'alaikum pak, saya Muhammad Alvin dari kelas X MIA 1 no absen 18 sudah membaca materinya pak, terima kasih pak

    ReplyDelete
  71. Assalamualaikum pak,saya Dian dwi fadhila(6) dari kelas X MIPA 1 pak.menyimpulkan atom semua materi terdiri atas partikel yang sangat kecil dan tak dapat dibagi lagi.serta Konsep atom Dalton jauh lebih rinci dan spesifik dibandingkan dengan konsep Demokritus.pada konsep atom dalton dihasilkan beberapa hipotesis.

    ReplyDelete
  72. Assalamualaikum pak,saya Haya Zhafira Amani dari kelas X MIA 1,no absen 8 pak,saya telah membaca materi atom di atas,terimakasih atas materi nya pak

    ReplyDelete
  73. Assalamualaikum pak
    M. Fatih Alkarim kls X MIA 1 pak ..
    Kesimpulannya adalah atom merupakan partikel kecil yg tdk dapat dibagi lagi menjadi bagian lebih kecil...

    ReplyDelete
  74. Assalamualaikum pak,Nama saya Fadhil Satria dari X MIPA 4,menurut saya materi yang disampaikan jelas dan bagus, dan dari materi saya dapat menyimpulkan bahwa konsep atom dalton jauh lebih rinci dan spesifik dibandingkan dengan demokritus.

    ReplyDelete
  75. Assalamualaikum pak,Nama saya Fadhil Satria dari X MIPA 4,menurut saya materi yang disampaikan jelas dan bagus, dan dari materi saya dapat menyimpulkan bahwa konsep atom dalton jauh lebih rinci dan spesifik dibandingkan dengan demokritus.

    ReplyDelete
  76. Assalamualaikum pak,saya Haya Zhafira Amani,kelas X Mia 1,saya sudah membaca materi atom di atas pak,terimakasih materi nya pak

    ReplyDelete

  77. assalamualaikum pak,saya Nadia Hana Yosta dari kelas X MIPA 4,No absen 25 sudah membaca materi yg bapak kirim, terimakasih pak atas materinya

    ReplyDelete
  78. Assalamualaikum pak
    Nama saya Fattan Naufan Islami
    Dari Kelas X MIPA 2
    Absen 13
    Dari artikel tersebut bisa saya simpulkan Atom adalah Unsur tersusun atas partikel yang sangat kecil.Semua atom identik yaitu mempunyai ukuran, massa dan sifat kimia yang sama.Atom suatu unsur tertentu berbeda dari semua atom unsur lain.Senyawa tersusun atas atom-atom dari dua unsur atau lebih perbandingan antara jumlah atom dari setiap dua unsur yang ada merupakan bilangan bulat atau pecahan sederhana. Reaksi kimia tidak mengakibatkan penciptaan atau pemusnahan atom-atom tetapi hanyalah pemisahan, penggabhungan atau penyusunan ulang atom-atom
    Hukum Atom ada 3
    1)Hukum Perbandingan Tetap (Law of Definite Proportion)
    2)Hukum Perbandingan Berganda (Law of Multiple Proportion)
    3)Hukum Kekekalan Massa (Law of Conservation mass)
    Terima kasih atas materinya pak

    ReplyDelete
  79. Assalamualaikum pak,Cantika Aulia Putri dari kelas X MIPA 3 absen 6 hadir pak dan sudah membaca materi yang bapak kirim, terimakasih pak

    ReplyDelete
  80. Assalamualaikum pak,Dara Febiola johanska dari kelas X MIPA 3 absen 7 hadir pak,terima kasih pak

    ReplyDelete
  81. Assalamualaikum pak,Raditya Pangestu dari x mia 1,hadir pak, terimakasih materinya pak

    ReplyDelete
  82. Assalamualaikum pak, Hasby Syaqhasdy dari x mia 1,hadir pak, terimakasih materinya pak

    ReplyDelete
  83. Assalamualaikum pak, saya m.thariq farhan dari kelas X MIPA 1 no absen 24, dari materi diatas tentang teori atom dalton.

    Ada 2 pendapat ahli yaitu Demokritus dan John Dalton.

    •Demokritus menyatakan bahwa materi terdiri atas partikel yg sangat kecil tidak dapat terbagi lagi, namun tak dapat di terima oleh rekannya.

    • Dalton menyatakan bahwa:
    1. Unsur tersusun atas partikel yang sangat kecil, yang disebut atom.
    2. Senyawa tersusun atas atom atom dari 2 unsur atau lebih.
    3. Yang terjadi dalam reaksi kimia hanyalah pemisahan, penggabungan,dan penyusunan ulang.

    Konsep dalton lebih rinci dan diterima dari pada demokritus.

    -Hipotesis pertama menyatakan bahwa atom dari unsur yang satu berbeda dari atom semua unsur yang lain.

    -Hipotesis kedua menyatakan bahwa untuk membentuk suatu senyawa, kita tidak hanya membutuhkan atom dari unsur sesuai, tapi jumlah yang spesifik dari atom (hukum perbandingan tetap). Dalton juga mendukung bahwa dua unsur dapat bergabung membentuk lebih dari 1 senyawa (hukum perbandingan ganda)
    -Hipotesis ketiga menyatakan bahwa materi tidak dapat dimusnahkan/diciptakan (hukum kekekalan massa)

    Itu saja pak yang dapat saya simpulkan,terima kasih pak, wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  84. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  85. assalamualaikum pak. saya Teddy Sectio Perdana no absen 36 pak dari kelas X MIPA 1 pak. saya sudah membaca materi yang bapak berikan tentang "Teori Atom Dalton" pak. berikut ini kesimpulan yang dapat saya ambil pak.

    demokritus : semua materi terdiri atas partikel yang sangat kecil dan tak dapat dibagi lagi.

    Menurut john dalton :
    1. unsur tersusun atas partikel yang sangat kecil, yang disebut dengan atom.
    2. senyawa tersusun atas atom-atom dari dua unsur atau lebih.
    3. yang terjadi dalam reaksi kimia hanyalah pemisahan, penggabungan atau penyusunan ulang atom-atom.

    terimakasih atas materinya pak. wassalamualaikum pak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PERSAMAAN TERMOKIMIA

TEORI BOHR TENTANG ATOM HIDROGEN