PELAKSANAANPROGRAM AKSI NYATA MODUL 3.2

 

Oleh Ediruslan-SMA Negeri 1 Padang

I.                   Latar Belakang

Pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan apabila  semua siswa dapat mengikuti pelajaran dengan aktif sehingga hasil belajar mereka juga meningkat. Namun kenyataannya tidak semua siswa yang dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Ha ini disebabkan karena mereka mempunyai  minat, kesiapan belajar serta profil yang berbeda-beda. Untuk itu diperlukan suatu metode yang dapat menjangkau semua siswa yang berbeda minat, kesiapan belajarnya . Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ii adalah metode pembelajaran berdiferensiasi.

SMA Negeri 1 Padang merupakan salah satu sekolah di kota padang yang mempunyai ribuan siswa dengan atar belakang minat, kesiapan belajar dan profil siswa yang berbeda. Agar motivasi mereka meningkat dalam proses pembelajaran, tentu diperlukan pembelajaran berdiferensiasi. Dengan pembelajaran berdiferensiasi, para siswa yang kemamupuan belajarnya di bawah rata-rata akan dapat dijangkau sesuai tujuan pembelajarn yang ingin dicapai.

Keberhasilan penggunaan metode pembelajaran berdiferensiasi tentu tak lepas   adanya dukungan sumber daya yang ada di sekolah ini. Menurut saya aset SMA Negeri 1 Padang cukup untuk dimanfaatkan untuk melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid serta utnuk pengembangan sekolah. Dari segi modal manusia dapat dilihat bahwa baik kepala sekolah, guru maupun karyawan mempunyai kompetensi yang cukup untuk melaksanakan hal ini. Begitu juga dari segi siswa, mereka cukup mampu menyerap pelajaran yang diberikan karena kemampuan nalarnya baik. Dari segi social, sekolah ini mempunayi berbagai macam organisasi dan juga link dengan beberapa instansi yang dapat digunakan untuk pengembangan sekolah. Dari segi politik, setiap warga sekolah mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapatkan pelayanan public. Dari segi lingkungan, sekolah ini mempunyai letak yang strategis dan suasana yang kondusif untuk melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan. Dari segi finansial, sekolah ini pun punya cukup sumber dana untuk menunjang pembelajaran. Dari segi agama dan budaya, umunya warga sekolah beragama Islam, namun demikian tetap menghargai keberagaman. Begitu juga dari segi fisik, sekolah ini mempunyai gedung dan fasilitas yang lengkap didalamnya. Dengan fasilitas fisik yang lengkap, pembelajaran akan dilaksanakan dengan sangat menyenangkan. . Oleh karena itu saya berencana untuk melaksanakan tinadakan aksi nyata berupa pembelajaran berdiferensiasi di kelas X MIPA 2 dan 3 SMA Negeri 1 Padang

 

II.                Tujuan

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran kimia di kelas X MIPA 2 dan 3 SMA Negeri 1 Padang

 

III.             Pelaksanaan Program

Program ini dilaksanakan setiap hari Rabu dan Kamis di kelas X MIPA 2 dan 3 SMA Negeri 1 Padang. Pada kegiatan ni siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaiakan permaslaahan yang diberikan guru di awal pelajaran. Hasil diskusi kelompok di presentasikan melalui kertas yang lebar dan ditempel di dinding kelas. Setap kelompok terdiri dari 3 orang. Satu orang anggota kelompok bertugas menjaga stand hasil diskusi dan menjelaskan kepada pengunjung yang berasal dari kelompok lain. Sedangkan dua orang anggota yg lain akan berkeliling meminta penjelasan hasil erja kelompok lain. Jadi disini terjalin kerja sama dalam kelompok serta kerja sama satu kelompok dengan kelompok lain melalui tutor teman sebaya. Guru bertugas memfasilitasi agar kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa berjalan lancer. Di akhir kegiatan guru akan menguatkan hasil kerja masing-masing kelompok.

 

IV.             Hasil yang Didapat

Kegiatan berjalan lancer. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya melalui kertas yang ditempel di dinding. Setiap siswa dapat memahami pelajaran hari itu melalui tutor teman sebaya yang diperoleh dari hasil penjelasan kelompok lain dan hasil kerja kelompoknya sendiri

 












 

 

V.                Pembelajaran yang Didapat

Kerja sama tim berjalan dengan baik. Tidak ada kendala yang berarti . Para siswa melakukannya dengan perasaan gembira

 

VI.             Perbaikan di Masa Mendatang

Akan dilakukanperbaikan dalam hal sarana dan dalam hal dana sehingga kegiatan ini tidak memberatkan bagi guru karena dananya cukup besar

Comments

Popular posts from this blog

PERSAMAAN TERMOKIMIA

TEORI ATOM DALTON

TEORI BOHR TENTANG ATOM HIDROGEN